Gebrakan Rudi Kristiawan di Rutan Padangpanjang, Sediakan Lokasi Senam dan Bangun Ponpes Mini

1598
Petugas sedang melakukan pengecatan lokasi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan Senam di Rutan Kelas IIB Padangpanjang.

Oleh : Jon Kenedi – Padangpanjang

Baru menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Nagara (Rutan) Kelas II B Padangpanjang, Rudi Kristiawan, A.Md,IP,SH,MH seakan tidak ingin berlama-lama menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Setelah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pegawai termasuk Dharmawanita, Rudi ingin merubah suasana dan meningkatkan kinerja.

Saat rakyatsumbar.id diberi kesempatan mengunjungi lokasi rutan, Rudi didampingi Kasubsi Pengelolaan Dedi Suryadi, langsung diajak berkeliling Rutan yang berada di Kelurahan Tanah Pak Lambiak itu. Dimana, beberapa petugas sedang melakukan pengecatan lantai taman dan bersih-bersih di lorong sel.

“Lokasi ini akan kita jadikan lokasi senam sekali seminggu, saat ini masih proses persiapan sarananya. Sehingga, nanti setiap Sabtu, seluruh warga binaan dan pegawai Rutan wajib mengikuti Senam,” sebut Rudi sambil menyapa sejumlah pekerja yang tengah mengecat lantai.

Meskipun dengan keterbatasan lokasi dan berukuran seadanya, tetapi menurut Rudi, jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Tentu, niat baik ini akan membawa hasil yang baik pula.

“Kita juga berencana akan mendatangkan instruktur Senam profesional, karena keterbatasan personil kita disini. Nanti, kita juga tengah menyiapkan sejumlah program untuk pembenahan-pembenahan,” sebut mantan Kasubsi Bimkemaswat Lapas Klas IIA Sidoarjo itu.

Selain lokasi Senam, Rudi yang dilantik sebagai Kepala Rutan Kelas II B Padangpanjang pada 06 Januari 2021 menggantikan Ismail,A.Md,IP,SH juga berencana akan membangun pondok pesantren (Ponpes) mini dengan memanfaatkan salah satu ruangan.

Karena Padangpanjang ini dikenal dengan Kota Serambi Mekah dan rata-rata warga binaan disini beragam Islam. Sehingga, dengan adanya pondok pesantren mini ini, seluruh warga binaan diwajibkan pandai membaca Kita Suci Alquran, Tahlillan mingguan, ceramah agama dan sholat berjemaah lima waktu. Insya Allah, secepatnya akan kita realisasikan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Rudi Kristiawan juga berharap dukungan dari unsur pemerintah daerah dan pihak terkait dalam mewujudkan berbagai perubahan yang akan dilaksanakan di Rutan Kelas IIB Padangpanjang.

“Tanpa dukungan dari pemerintah, masyarakat dan rekan-rekan wartawan, mustahil niat baik kita ini bisa dijalankan dengan target yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah,A.Md menyambut baik rencana yang akan dilaksanakan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Padangpanjang dalam mewujudkan perbaikan layananan dan pembinaan terhadapa warga binaan.

“Meskipun berada di Rutan, warga binaan juga butuh pembinaan kesehatan jasmani dan rohani. Apalagi, kabarnya pak Rudi juga akan membangunan ponpes mini sebagai wadah pembinaan rohani bagi warga binaan. Kita sangat dukung sekali,” sebut Mardiansyah.

Mardiansyah juga siap memberikan support terhadap kegiatan-kegiatan pembinan yang dilakukan. Bahkan, Mardiansyah juga menyarankan, agar program tersebut dikoloborasikan dengan lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here