27/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Enam Universitas Terlibat Tangani Sampah di Kota Padang

Enam Universitas Terlibat Tangani Sampah di Kota Padang

Workshop penyusunan rencana aksi pengelolaan Sampah di Kota Padang.

Padang, Rakyatrumbar.id– Pusat Riset Pengolahan Limbah Organik (CRROWM; Centre of Research on Recycling Organic Waste Management) UNP berpartisipasi pada workshop penyusunan rencana aksi pengelolaan Sampah di Kota Padang.

Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang dengan beberapa organisasi. Mulai dari IGES Centre Collaborating with UNEP on Environmental Technologies (CCET), Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas hingga WALHI Sumatera Barat. Berlangsung dari 28-29 Desember 2021 di Hotel Pangeran, Kota Padang.

Sekretaris CRROWM UNP Siska Alicia Farma mengatakan, pengelolaan sampah menjadi salah satu sektor esensial yang perlu diperhatikan.

“Pengolahan sampah yang buruk dapat menimbulkan berbagai dampak lingkungan dan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang,” ucapnya,  Kamis (30/12).

Dia menambahkan, permasalahan sampah tidak lepas dari kebiasaan dan perilaku hidup. Masyarakat cenderung akan merubah sebuah kebiasaan jika terdapat nilai tambah terutama pada segi ekonomi.

“Sampah organik khususnya bisa  diolah menjadi eco enzyme yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari. Salah satu contohnya sebagai pembersih kamar mandi yang ramah lingkungan.

Dengan ini saja dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. Masih banyak lagi manfaat eco enzyme dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Universitas yang terlibat kegiatan ini diantaranya Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta, UIN Imam Bonjol, STTIND dan STIKES Indonesia. (endang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.