17/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Dr Amiruddin, Wakil Ketua PWI Sumbar jadi Pemateri di HPN 2023

Dr Amiruddin, Wakil Ketua PWI Sumbar jadi Pemateri di HPN 2023

Dr Amiruddin, menerima penghargaan sebagai Pimpinan Sidang Terbaik di Indonesia, dalam sejarah Konferensi Provinsi PWI se-Indonesia.

Padang, rakyatsumbar.id – Salah seorang wartawan asal Sumatera Barat, Dr. H. Amiruddin, SH, MH, yang juga Wakil Ketua bidang Pembelaan Wartawan PWI Sumbar, didaulat PWI Pusat untuk menjadi pemateri pada salah satu rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Medan – Sumatera Utara.

Wartawan senior Harian Singgalang yang sudah malang melintang di liputan hukum dan juga praktisi hukum tersebut, didaulat untuk menyampaikan materi terkait terkait Dasar Hukum Konferensi Provinsi PWI.

“Benar, saya diundang khusus oleh PWI Pusat untuk menjadi pembicara pada salah satu agenda HPN di Medan,” kata Amiruddin, di Padang, Minggu (5/2/2023) siang.

Keberadaan Amiruddin sebagai pemateri pada agenda tersebut, tak lepas dari konsistensi dan pemahaman yang dimilikinya tentang hukum dan hal-hal terkait dengan aturan dan dasar hukum lembaga yang menjadi salah satu pilar demokrasi tersebut.

Apalagi, belum lama ini, Amiruddin menerima penghargaan sebagai Pimpinan Sidang Terbaik di Indonesia, dalam sejarah Konferensi Provinsi PWI se-Indonesia.

“Konferprov PWI Sumbar luar biasa. Semua berjalan lancar dan sesuai mekanisme. Dinamika tinggi. Sejumlah pertanyaan alot dari peserta ditampung dan diakomodir.”

“Kran dibuka seluas-luasnya oleh pimpinan sidang. Pimpinan sidangnya memang hebat. Sangat piawai ketika itu,”kata Atal, saat menyerahkan Penghargaan Pimpinan Sidang Terbaik, di Padang, pertengahan Januari 2023.

“Kesempatan ini sekaligus kado istimewa untuk kepengurusan baru PWI Sumbar. Saya tak sendiri, tapi inilah kepercayaan untuk wartawan, khususnya wartawan Sumatera Barat,” kata Amiruddin.

Amiruddin yang juga pengacara rendah hati ini sangat disegani dan dalam keseharian memperlihatkan sikap tegas, lugas, dan tentunya juga membuka kran seluas-luas kepada peserta Konferprov.

Dia menguasai UU Pers, PD/PRT PWI, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Prilaku Wartawan. Tak heran setiap pertanyaan, tanggapan, sanggahan dan inteurupsi dapat dilayaninya dengan baik, penuh gairah dan semangat. Tentu juga taat aturan.

Ketua PWI Sumatera Barat Basril Basyar menyebutkan, kepercayaan yang diberikan PWI Pusat kepada Amiruddin, wartawan di daerah, sekaligus menjadi sebuah pembuktian bahwa apa yang dilakukan oleh wartawan di daerah juga memiliki kontribusi besar untuk perkembangan dan kemajuan dunia kewartawanan.

“Kesempatan ini sekaligus menjadi inspirasi bagi kita, bagi semua wartawan untuk tetap kokoh di jalan yang sudah dilalui selama ini,” jelas Basril Basyar. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.