26/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » BIN kembali gelar vaksin 1 dan 2

BIN kembali gelar vaksin 1 dan 2

BIN Sumbar ketika melakukan vaksinasi.

Dharmasraya, rakyatsumbar.id –  Jelang Hari Raya Idul Adha, Badan Intelijen Negara (BIN) Sumatera Barat terus mengintensifkan vaksinasi kepada masyarakat. Meskipun saat ini kasus Covid-19 semakin terkendali.

Bahkan, Pemerintah di ketahui telah melonggarkan pembatasan sosial, di mana masyarakat kini sudah boleh tidak menggunakan masker saat berada di ruang terbuka yang tidak ramai.

Meski gelombang Covid-19 sudah melandai, namun pemerintah tak ingin terkecoh.

Sehingga, upaya pemberian vaksin kepada masyarakat sebagai bentuk anti bodi tetap dilakukan, terlebih jelang Hari Raya kurban.

“Ini merupakan vaksinasi lanjutan dosis satu dan dua, serta sebagai antisipasi kenaikan kasus,” kata Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya melalui kabid
Kabid Pencagahan dan Pengedalian Penyakit (P2P) Rahmah Dona Fitri, Minggu (3/07/22).

Ia mengatakan, sasaran vaksinasi COVID-19 dosis satu dan dua di Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, lebih pada vaksin booster.

Vaksinasi oleh BIN kolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.

Upaya ini akan terus dilakukan agar sasaran vaksinasi dosis lengkap cepat selesai, dan dilanjutkan dengan dosis ketiga atau booster.

“Saya tidak mematok berapa target BIN, tetapi vaksinasi terus dilakukan sampai vaksinasi sudah clear semua.”

“Nanti kita beralih ke booster, walaupun booster sudah mulai jalan sejak kemarin,” katanya.

Ia menambahkan, dalam setiap pelaksanaan vaksinasi baik oleh Dinkes maupun BIN selalu mendapat antusias dari masyarakat.

Alhamdulillah selama ini vaksinasi di wilayah kita ini. Tidak ada kendala dan targetnya terpenuhi, bahkan bisa lebih, karena antusias masyarakat juga tinggi,” katanya.

Ia mengatakan vaksinasi booster bagi masyarakat umum juga sudah mulai dan berjalan sejak beberapa waktu lalu, dan akan terus dilakukan percepatan agar kekebalan kelompok segera terbentuk.

“Hingga 2 Juli 2022 ini, untuk dosis satu di Kabupaten Dharmasraya sebanyak 86,8 persen, dosis dua, 64,8 persen, dosis 3, 5,3 persen,”imbuhnya.

Angka Vaksinasi Tinggi

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sitiung Blok B menyebutkan, meski tingkat vaskin cukup tinggi di wilayah kerjanya, namun upayanya untuk memberikan antibodi kepada masyarakat akan terus di lakukan sesuai anjuran dari pemerintah.

“Pencapaian vaksinasi di wilayah kerja kota untuk dosis satu 87% dosis kedua 53% Booster 2%,” jelas dr. Sisyani, di sela-sela vaksin.

Walinagari Sungai Duo, Ali Amran. Ia menyatakan, bahwa pihaknya siap mendukung setiap program pemerintah apalagi soal vaksin.

“Semua ini demi masyarakat, bagaimana warga kita terselamatkan dari serangan Covid-19,” ungkapnya.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Sumbar Hendra menyebutkan, bahwa program ini merupakan upaya percepatan vaksinasi dosis 1, 2 dan booster bagi masyarakat

Ia mengatakan, bahwa haknya terus mendorong percepatan vaksinasi dosis 1, 2 dan booster bagi masyarakat dengan membuka gerai vaksinasi.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan vaksinasi di Balai Pertemuan Kantor Wali Nagari Setempat.

Tampak, masyarakat antusias mengikuti vaksin. Bukan hanya itu, bagi peserta yang divaksin, BIN di berikan Sembako.(yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.