02/12/2022
Beranda » Biddokkes Polda Sumbar Antisipasi COVID-19 

Biddokkes Polda Sumbar Antisipasi COVID-19 

Penyemprotan Disinspektan, Pengukuran Suhu Tubuh dan Siapkan Ruangan Isolasi

Padang, Rakyat Sumbar – Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sumbar, melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Pencegahan ini dengan melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi virus tersebut.

“Biddokkes telah melakukan pencegahan Covid-19 dengan menyemprotan disinpektan di Mapolda Sumbar, Ditlantas, Brimob, Ditpolair, dan Polresta, termasuk juga pengukuran suhu tubuh,” kata Kabidokkes Polda Sumbar Kombes Pol dr. Sucipto, di Mapolda, Senin  (16/3) siang.

Ia melanjutkan, penyemprotan disinpektan menggunakan alat ULV Portabel bertujuan untuk memutuskan rantai penularan penyebaran virus-virus penyakit, terutama virus Covid-19.

“Anggota Polri yang bertugas di Polda Sumbar dan Polres-polres jajaran harus menyadari pentingnya mencegah supaya tidak tertular Covid-19,” ujar Sucipto.

Foto: Personel Biddokkes Polda Sumbar, menyemprotkan disinpektan di ruang penjagaan Mapolda, sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Sucipto menambahkan, bahwa penyemprotan disinpektan tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan personel Polri bahwa virus Covid-19 mengkhawatirkan.

“Intinya mengingatkan mereka. Ini ada Covid-19 sudah gencar, tetapi kalau tidak langsung diactionkan di lapangan upaya pencegahan, orang hanya menganggap di televisi saja, dengan wujud nyata penyemprotan dia, anggota,  akan sadar ini nggakmain-main. Ini penyakit berbahaya, sehingga upaya pencegahan seperti itu perlu,” ucapnya.

Selain itu sambung Sucipto, juga dilakukan pengukuran suhu tubuh di penjagaan Mapolda. Setiap personel dan tamu yang masuk dilakukan pengecekan.

“Antisipasi lainnya adalah Rumah Sakit Bhayangkara sedang menyiapkan ruang isolasi dua kamar, yang berkaitan dengan Covid-19,” tuturnya.

Foto: Seorang personel Polda Sumbar sedang melakukan pemeriksaan suhu tubuh di penjagaan Mapolda kepada tamu.

Ia menyampaikan, pihaknya sedang merenovasi IGD dan ruang isolasi, bahkan menyediakan alat pelindung diri. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ruang tersebut sudah bisa digunakan.

“Ruang isolasi disediakan untuk mengantisipasi semakin bertambahnya pasien yang diisolasi di rumah sakit lain, maka Rumah Sakit Bhayangkara menyiapkan ruang isolasi dilengkapi alat pelindung diri,” tutur Sucipto.

Ia mengimbau personel Polri supaya membudayakan perilaku hidup bersih dan hidup sehat, dengan mengonsumsi asupan gizi yang cukup serta mencegah penularan penyakit.

“Perilaku hidup bersih dan sehat sebenarnya sudah terkerjakan dengan sehari-hari,  tetapi perlu ditingkatkah, misalnya membudayakan cuci tangan, lingkungan kerja dan rumah dibersihkan dari kotoran sampah, bau yang tidak sedap, debu, dan lainnya,” bebernya. (byr)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.