17/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Bendungan Jebol, Wabup: Segera Anggarkan Biaya Perbaikan

Bendungan Jebol, Wabup: Segera Anggarkan Biaya Perbaikan

bendungan

Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS saat meninjau dua jembatan dan bendungan Irigasi di Kec Rao Selatan yang rusak dihantam banjir.

Pasaman, rakyatsumbar.id– Wakil Bupati  Pasaman Sabar AS meninjau jembatan menuju Kampung Tanjung Alai, jembatan Kampung Kubu Sungkai serta bendungan Irigasi Kubu Sungkai Kecamatan Rao Selatan, Selasa (4/1) kemarin.

Dinas PUTR Pasaman menyebutkan,  jembatan menuju Kampung Tanjung Alai yang rusak parah itu adalah jembatan milik Pemda yang dulunya dibangun melalui dana APBD Pasaman.

“Pangkal jembatan yang rusak parah itu ambruk. Kondisi pondasinya sudah dalam keadaan tergantung akibat dihantap banjir pada 31 Desember 2021 lalu. Sehingga Kondisi nya tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat,” ucap Sabar AS, Kamis (6/1).

Sedangkan saat melakukan peninjauan di lokasi jembatan Kampung Kubu Sungkai, ditemukan aboutmen di pangkal jembatan itu ambruk dihantam banjir. Jembatan itu merupakan milik nagari.

Sabar AS mengaku sudah meminta Dinas PUTR Pasaman untuk secepatnya bisa mengusahakan menimbun aboutmen jembatan yang tergerus banjir.

Paling tidak untuk sementara bisa dilewati dengan aman oleh warga dalam aktivitas pertanian, perikanan dan perkebunannya.

“Untuk aboutmen yang ambruk itu, kita sudah perintahkan langsung Dinas PUTR Pasaman melalui Bidang Bina Marga untuk segera menimbunnya dengan kerikil.”

“Sehingga jembatan tersebut bisa dilewati kembali oleh kendaraan untuk membawa hasil pertanian, perikanan dan perkebunan warga di daerah itu,” terang Wabup.

Wabup juga meninjau kondisi bendungan Irigasi Kubu Sungkai Kecamatan Rao Selatan yang jebol akibat dihantam banjir.

Dengan jebolnya bendungan irigasi akibat banjir di daerah itu  berdampak pada lahan kolam dan lahan pertanian warga sekitar.

“Jebolnya bendungan Irigasi Kubu Sungkai dan jembatan menuju Kampung Tanjung Alai yang rusak parah. Kita sudah instruksikan Dinas PUTR Pasaman untuk segera menganggarkan biaya perbaikannya, ” terangnya. (horizon)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.