BCA Ajak Nasabah Liburan ke Desa Binaan di Sumbar

13233
Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati (kanan) dalam program Talkshow Instagram Live LDR yang diselenggarakan pada Kamis (5/11). BCA mengajak nasabah liburan dari rumah ke desa binaan di Sumatera Barat secara virtual.

Nikmati Berwisata Virtual ke Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek

Jakarta, rakyatsumbar.id–PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghadirkan program Talkshow Instagram Live LDR (Liburan dari  Rumah). Ini sebagai sarana alternatif bagi nasabah dan masyarakat Indonesia untuk berlibur di tengah pandemi Covid-19 secara virtual ke desa-desa binaan BCA.

Pada episode kedua ini, desa yang dikunjungi adalah Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek yang berlokasi di Sumatera Barat. Kampung Adat Sijunjung menghadirkan wisata pedesaan yang masih asri dan ragam suku yang tinggal berdampingan secara harmonis. Sementara Nagari Silokek memiliki pesona alam yang luar biasa indah, salah satunya kawasan gua yang masih alami dengan panorama gua stalagtit dan stalagmit.

Pada Talkshow Instagram Live LDR (Liburan dari Rumah) episode kedua ini Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Vice President CSR BCA Ira Bachtar, serta Travel Blogger Backpacker Tampan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenali lebih dekat Desa Binaan BCA di Sumatera Barat melalui Instagram Live @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA pada Kamis (5/11).

Talkshow Instagram Live LDR merupakan rangkaian program Bakti BCA yang diselenggarakan setiap hari Kamis pukul 19.00 – 20.00 WIB. Potensi wisata ini terus menjadi perhatian bagi BCA untuk meningkatkan pergerakan ekonomi dan pariwisata di desa binaan.

“Meski terhalang pandemi Covid-19, kita tetap bisa merasakan liburan dari rumah. Berwisata secara virtual memberikan pengalaman baru dan berbeda, yang tentunya tidak kalah menarik dengan wisata pada umumnya,” ujar Inge.

Melalui Instagram Live @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA pada Kamis (5/11), masyarakat dapat menikmati berwisata secara virtual ke Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek, di Sumbar.

Dikatannya, Kampung Adat Sijunjung dan AMP Nagari Silokek yang berlokasi di Sumatera Barat menjadi tempat yang patut dijadikan sebagai pilihan destinasi berlibur. Kedua desa tersebut merupakan Desa Binaan BCA yang memiliki keindahan panorama alam dan kaya akan budaya.

Kampung Adat Sijunjung menghadirkan wisata pedesaan yang masih asri dan ragam suku yang tinggal berdampingan secara harmonis. Wisatawan dapat mempelajari budaya dan suku-suku asli Minangkabau yang masih menetap. Adapun, salah satu budaya yang masih dipertahankan di desa Sijunjung adalah rumah gadang (rumah adat) yang menjadi pusat kegiatan dan tempat tinggal.

Wisatawan yang datang ke Kampung Adat Sijunjung dapat menginap di homestay yang telah disediakan. Tersedia berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh wisatawan, antara lain belajar menenun, pencak silat, memasak Galamai (makanan khas Sumatera Barat), serta mencoba tradisi makan Bajamba.

Sementara itu, Nagari Silokek memiliki pesona alam yang luar biasa indah, salah satunya kawasan gua yang masih alami dengan panorama gua stalagtit dan stalagmit. Wisatawan dapat mengeksplor berbagai tempat seperti Ngalau Basure, Hamparan Pasir Putih, Jembatan Gantung Sangkiamo, serta Air Terjun Batang Taye dan Bukik Kajay. BCA telah memberikan pembinaan untuk masyarakat sekitar seperti pelatihan layanan prima, standar pelayanan homestay lokal, pemandu wisata dan juga penyediaan fasilitas sarana susur gua.

Potensi wisata ini terus menjadi perhatian bagi BCA untuk meningkatkan pergerakan ekonomi dan pariwisata di desa binaan. Saat ini BCA memliki 12 desa binaan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat 2 desa binaan di Sumatera Barat, yakni Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek.

Sementara ke-10 desa binaan lainnya adalah Kampung Batik Gemah Sumilir, Doesoen Kopi Sirap, Desa Wisata Tamansari, Desa Wisata Pucak Tinggan, Gunong Lumut, Bukit Peramun, Wisata Aik Rusa Berehun, Wirawisata Goa Pindul, Desa Wisata Pentingsari, serta Wisata Wayang Desa Wukirsari.

Inge Setiawati mengungkapkan, tantangan yang hadir pada situasi saat ini tidak menjadi penghalang bagi BCA untuk terus mendampingi desa binaannya. BCA tetap berupaya untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat Desa Binaan, khususnya dalam hal pemanfaatan sarana digital. BCA ingin pada waktunya nanti, desa binaan tersebut siap menyambut kembali para wisatawan.

“Adanya program Talkshow Instagram Live LDR ‘Liburan dari Rumah’ episode kedua ini diharapkan dapat meningkatkan awareness tentang Kampung Adat Sijunjung dan AMP Nagari Silokek, dan menjadikan kedua desa tersebut sebagai rekomendasi liburan ketika situasi sudah normal kembali,” tutup Inge.(rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here