19/08/2022
Beranda » Antisipasi Kejahatan Kontijensi, Polda Sumbar Siap Turunkan Personel

Antisipasi Kejahatan Kontijensi, Polda Sumbar Siap Turunkan Personel

Padang, Rakyat Sumbar — Pihak Polda Sumbar menyatakan sudah siap menghadapi kejahatan kontijensi. Kejahatan ini bisa saja terjadi akibat dampak penyebaran Korona (Covid-19).

“Kita sudah lebih awal membicarakan kejahatan kontijensi ini. Artinya, Polda Sumbar siap menghadapi kontinjensi jika terjadi semakin buruknya situasi akibat Covid-19,” sebut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu, Rabu (29/4) di Mapolda. 

Ia melanjutkan, kejahatan kontijensi merupakan kejahatan yang berpotensi mengganggu aspek-aspek keamanan, politik, sosial, dan ekonomi serta meresahkan masyarakat.

“Kejahatan ini terjadi secara mendadak dan sulit diprediksi. Covid-19 efeknya banyak misalnya ekonomi, keamanan masyarakat, dan itu harus diantisipasi sejak dini,” ucap Satake. 

Masih kata Satake, sebagai bentuk kesiapan Polda Sumbar dalam menghadapi kejahatan kontijensi tersebut, pihak membuat konsep kontijensi dengan pola Simpam (Sistem Pengamanan) Kota. 

“Simpam Kota pelaksananya Polres/polresta jajaran, Polda Sumbar membantu dengan back up personel. Tindakan terukur kepolisian akan diberikan kepada pelaku kejahatan kontijensi,” ungkap Satake.

Ia menjelaskan, sementara ini di Sumbar belum terjadi hal seperti itu, dan sangat berharap tidak terjadi kejahatan kontijensi tersebut, sedangkan personel yang dikerahkan tetap bertugas dengan humanis.

“Total personel dikerahkan 1.155 orang, sedangkan personel Polresta Padang sebanyak 655  orang, kalau ada kejahatan kontijensi pasukan sudah disiapkan dengan peralatannya,” ungkap Satake. (byr)

Foto: Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, ketika mengecek posko perbatasan penanganan Covid-19.(HumasPoldaSumbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.