rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » BNI Cabang Sungai Penuh Serahkan KUR dan Banpres BPUM Mekaar

BNI Cabang Sungai Penuh Serahkan KUR dan Banpres BPUM Mekaar

Wakil Pemimpin BNI Wilayah Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi, Iwan Affandi, didampingi Pimpinan Komite IV DPD RI, Hj. Elviana, menyerahkan bantuan KUR kepada penerima manfaat, Yella Mutia Resi. (ISTIMEWA)

Sungaipenuh, Rakyat Sumbar — BNI Cabang Sungaipenuh Komitmen mendukung Pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Hal ini dibuktikan dengan komitmen BNI dalam menyalurkan berbagai Bansos dan Banpres kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing cabang padanan.

Wakil Pemimpin BNI Wilayah Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi, Iwan Affandi, mengatakan, sebagai BUMN, BNI selalu siap dan berkomitmen dalam pemulihan ekonomi nasional. “Bantuan Presiden untuk pelaku usaha Mikro telah disalurkan BNI kepada 215.685 dengan total Rp517,6 miliar. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan sembako untuk keluarga miskin, bantuan pelajar, prakerja, dan bantuan lainnya,” kata Iwan Affandi, saat penyerahan bantuan, Kamis (18/2).

Ia melanjutkan, BNI juga menjadi bank penyalur rredit usaha rakyat. Tahun ini akan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan total senilai Rp2,3 triliun.

“BNI Cabang Sungaipenuh mendapatkan jatah penyaluran senilai 94,5 miliar. Hal ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci,” ujar Iwan.

Ia menambahkan, pertemuan ini sangat perlu dilakukan untuk menyamakan langkah antara Pemda setempat dengan BNI untuk pemulihan ekonomi nasional, karena pandemi Covid-19 yang sudah memberikan dampak yang begitu buruk terhadap perekonomian, kesehatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

“Penyerahan bantuan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat. Peserta kami beri masker, kemudian disediakan hand sanitizer serta tempat cuci tangan,” ungkap Iwan.

Sementara itu, Pemimpin BNI Cabang Sungaipenuh, Zonmandri Agusman, mengatakan, hingga 18 Februari 2021, BNI Cabang Sungaipenuh telah menyalurkan KUR dengan total senilai Rp17 miliar, berasal dari berbagai sektor usaha dibiayai.

“Realisasi bantuan presiden untuk pelaku usaha mikro sebanyak 6.215 penerima dengan total bantuan Rp14,9 miliar. Bantuan sosial PKH kepada 2.025 KPM, serta bantuan Sembako untuk keluarga miskin sebanyak 3.367 keluarga,” tutur Zonmandri Agusman.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Yanizar, mengatakan, yang dilakukan BNI tentu akan berdampak baik kepada pertumbuhan perekonomian Kabupaten Kerinci. Mewakili masyarakat Kabupaten Kerinci, ia pun berterima-kasih kepada BNI Sungaipenuh.


“Kami mengharapkan kepada masyarakat yang mempunyai usaha agar dapat mengambil kesempatan yang baik ini, jika dikasih kredit oleh BNI, agar digunakan untuk pengembangan usaha, jangan digunakan untuk hal-hal yang mubazir,” sebut Yanizar.

Asisten perekonomian dan Pembangunan Kota Sungaipenuh, Herman, juga mengucapkan terima-kasih kepada BNI Cabang Sungai Penuh. “Pemerintah Kota Sungaipenuh akan mendukung BNI dalam menjalankan bisnisnya,” ungkap Herman.

Pimpinan Komite IV DPD RI, Hj. Elviana, mengatakan, BNI sudah membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan menyalurkan KUR, kredit dengan bunga yang sangat rendah 6 persen pertahun, serta juga telah menjadi bank penyalur Bantuan Presiden kepada ibu-ibu rumah tangga yang memiliki usaha produktif dengan nilai bantuan Rp2,4 juta perorang.

“Terima-kasih kepada BNI khususnya BNI Cabang Sungaipenuh,” sebut Elviana, yang turut hadir untuk melakukan monitoring terhadap perkembangan UMKM di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.

Selain itu, pada penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Kerinci, Dartaska dan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Sungai Penuh, Sofyan Sori. (byr/rel)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *