29/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kabupaten Solok dan Kota Solok Diterjang Banjir

Kabupaten Solok dan Kota Solok Diterjang Banjir

Solok, rakyatsumbar.idMeluapnya Batang Lembang membuat sejumlah kawasan di Kota Solok dan Kabupaten Solom terendam banjir sejak Selasa dinihari (12/1/2021).

Di Kabupaten Solok, luapan Batang Lembang menerjang Nagari Kotobaru dan Selayo di Kecamatan Kubung, dan Nagari Muara Panas di Kecamatan Bukit Sundi. Sementara, di Kota Solok, sebanyak 9 kelurahan dan 13 kelurahan terendam banjir.

Guru dan petugas sekolah membersihkan sisa banjir yang merendam sejumlah nagari di Kabupaten Solok.

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Armen, menyebutkan menyebutkan ada ribuan warga terdampak banjir ini. Menurutnya, debit air mulai naik sekira pukul 01.00 WIB dan mencapai puncaknya sekira pukul 03.30 WIB.

“Hujan yang terus mengguyur wilayah Solok membuat banjir menerjang dengan cepat. Puncaknya sekira pukul 03.30 WIB, banjir merendam ratusan rumah warga hingga setinggi dada orang dewasa,” kata Armen

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam ratusan hektare lahan pertanian, kolam ikan, mobil dan sepeda motor. Selain itu berbagai fasilitas umum juga ikut terendam seperti SMPN 1 Kubung, SMAN 1 Kubung, SMK Budi Mulya, Polsek Kubung, SDN 20, SD 05, SDN 28 dan SDN 09 Rawang Sari. Di SDN 09 Rawang Sari tersebut, ketinggian air mencapai 2 meter.

“Hingga kini belum ada informasi korban jiwa akibat bencana banjir tersebut. Namun kerugian materil ditaksir miliaran rupiah. Kami masih melakukan pendataan terhadap warga terdampak banjir,” ujarnya.

Bukan hanya itu, banjir bandang juga menghantam Batu Bajanjang dan ada juga di Hiliran Gumanti.

“Banjir bandang di Batu Bajanjang dan Hiliran Gumanti, mengakibatkan jalan putus sehingga warga diisolasi sebanyak 250 orang, hingga saat ini akses jalan tidak bisa dilalui. Jadi tempatnya di Jorong Taratak Jarang di Kayu Jangguik Kecamatan Hiliran Gumanti,” kata Armen.

“Saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisasi jumlah kerugian dan warga yang terdampak akibat banjir ini. kemudian pagi ini menjelang siang Dinas Sosial bekerjasama dengan BPBD langsung memberikan bantuan bahan pangan kepada masyarakat. Untuk bahan makanan itu didistribusikan kepada masyarakat karna masyarakat rata-rata tidak bisa memasak,” sambungnya.

Pihak BPBD Kabupaten Solok terus melakukan evakuasi ke daerah-daerah terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Solok.

Sementara itu, Banjir juga merendam setidaknya 9 kelurahan di Kota Solok , Sumatra Barat. Banjir dipicu hujan lebat yang terjadi di hulu Batang Lembang dan kawasan sekitar.

Kalaksa BPBD Kota Solok , Ikhlas mengatakan, banjir mulai merendam rumah warga sekitar pukul 23.30 Wib.”Data sementara, 9 kelurahan di 2 kecamatan di Kota Solok terendam banjir,” Ikhlas, Selasa (12/1/2021).

Data sementara, Kelurahan yang terdampak di kecamatan Lubuk Sikarah diantaranya kelurahan KTK, kelurahan IX Korong, Kekurahan VI Suku, Kelurahan Sinapa, Kelurahan Aro IV Korong dan Kelurahan Tanah Garam.

Sementara di kecamatan Tanjung Harapan, banjir merendam tiga kelurahan diantaranya kelurahan Tanjung Paku, kelurahan Nan Balimo dan kelurahan Koto Panjang.”Tim gabungan TRC BPBD kota Solok dan unsur organisasi relawan lainnya sudah bekerja sejak semalam melakukan evakuasi dan pendataan,” terangnya.

Kebutuhan yang sangat mendesak saat ini, katanya, paket alat pembersih, paket makanan siap saji dan juga matras.Potensi kebencanaan yang terlibat mulai dari TRC BPBD Kota Solok , Tagana Kota Solok , PMI Kota Solok , ORARI lokal Solok , Dinkes dan organisasi relawan lainnya. (wel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.