rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Perumda AM Padang Borong 4 Penghargaan pada Ajang Top Digital Awards 2024

Perumda AM Padang Borong 4 Penghargaan pada Ajang Top Digital Awards 2024

Pj Wako Padang Andree Algamar, Direktur Utama Perumda AM Padang Hendra Pebrizal dan Dirtek Andri Satria berfoto bersama penghargaan yang di raih.


Jakarta – Melanjutkan kesuksesan tahun-tahun sebelumnya yang telah di helat sejak 2016, Majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah asosiasi ICT & Telco Indonesia, akademisi dan konsultan IT, kembali menggelar ajang corporate rating (penilaian) dan penghargaan atas keberhasilan implementasi dan inovasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK)/Solusi Digital tingkat nasional yaitu TOP DIGITAL Awards 2024.

Setelah melalui serangkaian tahapan penjurian yang memakan waktu sekitar dua bulan, para peraih bintang penghargaan “TOP Digital Awards 2024” akhirnya diumumkan secara langsung di acara “Puncak Penghargaan TOP Digital Awards 2024” yang berlangsung, Kamis, (5/12/2024) di Raffles Hotel, Jakarta.

Di ajang penghargaan bergengsi ini, Perumda Air Minum Kota Padang  meraih 4 penghargaan sekaligus.

Pertama, Top Digital Implementation 2024 # Level Stars 5. Kedua, Top Leader on Digital Implementation 2024 atas nama Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang Hendra Pebrizal, S.Sos, M.M.

Penghargaan ketiga, Top CIO on Digital Implementation 2024 atas nama Direktur Tehnik Andri Satria, S.T., M.T. Keempat, Top Stake Holder on Digital Implementation 2024 atas nama PJ. Walikota Padang Dr. H. Andree Harmadi Algamar, SSTP SH, MSi. M.HAN.

Pj Wako Padang Andree Algamar (tengah) Dirut Perumda AM Padang Hendra Pebrizal (tiga dari kiri) dan Dirtek Andri Satria (tiga dari kanan) saat menerima penghargaan.
Pj Wako Padang Andree Algamar (tengah) Dirut Perumda AM Padang Hendra Pebrizal (tiga dari kiri) dan Dirtek Andri Satria (tiga dari kanan) saat menerima penghargaan.

Menurut penilaian dewan juri, Perumda Air Minum Kota Padang layak mendapat penghargaan karena telah mampu membuktikan  bahwa  inovasi, kreatifitas dan terobosan digital yang dilakukan.

Hal itu telah berdampak signifikan, baik di internal perusahaan maupun hubungan  eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Demikian  juga  peran dari pimpinan kepala daerah, CIO atau CTO, terutama dalam upaya mendukung akselerasi transformasi digital untuk meningkatkan daya saing  maupun layanan pelanggan dan masyarakat.

Kreativitas dan inovasi juga mengalami peningkatan. Terlebih sejak pandemi Covid-19, di mana transformasi digital mengalami lompatan baru di berbagai kalangan.

Inovasi dan akselerasi transformasi digital yang dilakukan Perumda Air Minum Kota Padang, dicatat berhasil meningkatkan kinerja, sekaligus meningkatkan kesiapan diri memasuki era Revolusi Industri 4.0.

Transformasi Digital Dinilai Berhasil

Selepas menerima penghargaan, Hendra Pebrizal mengucapkan banyak terima kasih atas penghargaan yang telah di berikan.

Penghargaan ini seperti menunjukkan bahwa transformasi digital yang telah dilakukan perusahaan yang dipimpinnya berhasil.

Pj Wako Padang Andree Algamar, Direktur Utama Perumda AM Padang Hendra Pebrizal dan Dirtek Andri Satria berfoto dengan penghargaan yang mereka terima.
Pj Wako Padang Andree Algamar, Direktur Utama Perumda AM Padang Hendra Pebrizal dan Dirtek Andri Satria berfoto dengan penghargaan yang mereka terima.

Perumda Air Minum Kota Padang hingga saat ini memang melaksanakan transformasi digital.

Mulai di sistem manajemen, pengelolaan SDM, proses produksi, distribusi, monitoring jaringan perpipaan, hingga layanan pelanggan.

Di antaranya ada aplikasi MBR, PDAM Official/ E-Office, Sistem Informasi Managemen (SIM) multi platform, aplikasi Surat Tugas Kerja (STK) Produksi, STK Online, Aplikasi Supervisory and Data Acquisition (SCADA), Pembayaran Online.

Lalu, Customer Information System (CIS), Door to Door Online Payment (DDOP), dan lainnya. Termasuk untuk SDM atau kepegawaian dengan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMAK).

Secara garis besar, Perumda Air Minum Kota Padang telah memiliki IT Master Plan sebagai acuan dalam pengembangan sistem IT atau digitalisasi di perusahaan, termasuk data center dan sistem keamanan (IT security).

Secara umum implementasi IT sudah mencakup semua aspek, baik di sistem manajemen/ Sistem Informasi Managemen (SIM), keuangan, operasionalproduksi, Central Control Room (CCR) untuk memonitor dan mengontrol seluruh instalasi pengolahan, multi platform yang terintegrasi dengan geographic information system (GIS) dan SCADA, pengelolaan SDM.

Dirut Perumda AM Padang Hendra Pebrizal berfoto dengan Top Leader on Digital Implementation 2024.
Dirut Perumda AM Padang Hendra Pebrizal berfoto dengan penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2024 yang diperoleh.

Hingga layanan pelanggan agar pengelolaan manajemen kinerja perusahaan dapat lebih ditingkatkan, efisien, akurat dengan tingkat kualitas layanan pelanggan yang juga makin baik.

Bahkan beberapa aplikasi yang dibangun, juga sudah diadopsi atau diterapkan di beberapa PDAM lain di Indonesia, tanpa dikenakan biaya.

Salah satu inovasi lain yang terbilang baru dikembangkan yakni App Kaba AIA yang dikembangkan untuk mendukung aktifitas pemasaran dan layanan pelanggan.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses semua info tentang Perumda Air Minum Kota Padang.

Mulai dari informasi seputar kondisi air, tagihan pelanggan, grafik pemakaian, pembacaan meter, pengaduan pelanggan serta melakukan transaksi pembayaran tagihan.

Sehingga bisa makin memudahkan pelanggan dalam mengakses berbagai informasi terbaru seputar Perumda Air Minum Kota Padang melalui perangkat smartphone.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim tenaga internal sejak tahun 2022 berbasis Android dan iOS.

Manfaatnya, di antaranya aplikasi ini dapat memudahkan pelanggan dan masyarakat yang ingin melakukan transaksi pembayaran, pengecekan tagihan dan informasi lainnya hanya melalui satu aplikasi.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat diinstal melalui Android maupun iOS.

Berdampak Terhadap Performa Perusahaan

Secara umum, implementasi dari transformasi digital yang dilakukan ini, juga berdampak signifikan terhadap performa perusahaan, kinerja usaha, dan juga layanan.

Dari sisi usaha, terlihat dari peningkatan pendapatan dan juga peraihan laba. Tahun lalu misalnya, dari performa Perumda AM Kota Padang meraih skor penilaian sebesar 69,60/Baik (berdasarkan perhitungan indikator kinerja Kemendagri), dan penilaian pihak luar meraih skor Good Corporate Governance (GCG) 81,32 predikat “Baik”.

Kinerja usaha sepanjang tahun 2023 juga mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya dengan perolehan laba yang juga meningkat.

Sebagai BUMD, dengan proporsi orientasi usaha 40% Laba dan 60% layanan publik atau sosial, perusahaan daerah ini tetap mampu memberikan kontribusi besar dalam penyetoran keuntungan kepada pemegang modal, yaitu Pemko Padang.

Bahkan konsisten memberikan peningkatan kontribusi PAD bagi pembangunan daerah setiap tahunnya.

Tercatat tahun 2023 bisa menyetor PAD sekitar Rp4,5 miliar, naik dari tahun sebelumnya.

Selain itu, terobosan dan inovasi yang telah dilakukan adalah Perumda Air Minum Kota Padang berhasil meningkatkan keandalan Laboratorium yang telah ter Akreditasi Lembaga Akreditasi Nasional (KAN) terkait Pengujian Air.

Sertifikasi ini ditetapkan pada tanggal 20 April 2022 dan berlaku hingga April 2027. Upaya peningkatan Lab hingga meraih sertifikasi KAN, merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk terus menjaga dan mempertahankan mutu atau kualitas air untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Termasuk untuk mewujudkan target pemenuhan akses air bersih bagi warga Kota Padang.

Dirtek Perumda AM Padang Andri Satria berfoto dengan penghargaan Top CIO on Digital Implementation 2024.
Dirtek Perumda AM Padang berfoto dengan penghargaanTop CIO on Digital Implementation 2024.

Dengan standar kualitas air yang makin tinggi, Perumda Air Minum Kota Padang juga mampu mengembangkan layanan dengan menyediakan Spot Air Siap Minum di beberapa tempat.

Di antaranya di Rumah Sakit DR. M. Djamil Padang, Rumah Sakit Umum Daerah, Kantor Balaikota Padang, dan akan berlanjut di beberapa tempat fasilitas umum lainnya.

Sedangkan terkait layanan pelanggan, juga telah dilakukan SKP (Survei Kepuasan Pelanggan). Kajian tentang SKP Perumda Air Minum Kota Padang telah dilakukan dengan hasil Kinerja mutu dan pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat atau pelanggan dengan skor 80.00 atau dengan mutu layanan adalah B dengan tingkat kinerja berada pada klasifikasi “Baik”.

Pemenuhan kebutuhan air bersih kepada warga, akan terus ditingkatkan secara bertahap.

Dalam hal ini, juga dilakukan upaya penambahan kapasitas produksi di beberapa instalasi pengolahan air.

Selain itu juga peremajaan dan pergantian jaringan pipa distribusi yang sudah berumur. Hal ini juga untuk menjawab permasalahan kekurangan debit air yang sampai ke pelanggan. (*)

About Post Author