rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kecamatan Raih Juara Umum MTQ ke-41 Tingkat Pesisir Selatan

Kecamatan Raih Juara Umum MTQ ke-41 Tingkat Pesisir Selatan

Pj. Bupati Pesisir Selatan Era Sukma Munaf menyerahkan piala kepada juara MTQ ke-41

Painan, rakyatsumbar.id–Kecamatan Bayang kembali raih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan.

MTQ yang digelar di Kecamatan Sutera mulai tanggal  21 hingga 25 Oktober 2024.

Raih juara umum, Kecamatan Bayang hanya membutuhkan point sebanyak 74 point, dengan torehan itu cukup keluar sebagai peroleh poin tertinggi dari 15 Kecamatan lainnya.

Dimana, dengan rincian perolehan medali atau juara diantaranya, juara I sebanyak 12 cabang, juara II 4, juara III 2 dan terbaik ada 1.

Kemudian, juara peringkat kedua berhasil diraih oleh Kecamatan IV Jurai dengan perolehan juara I sebanyak 5, juara II 7, juara III 10 dan terbaik 2 dengan total poin yang dikumpulkan sebanyak 56 poin.

Selanjutnya, untuk juara III berhasil di raih oleh tuan rumah Kecamatan Sutera dengan perolehan poin sebanyak 41 poin dari juara I berhasil diraih sebanyak 2 cabang, juara II 9, juara III 4 dan terbaik ada 3 cabang.

Pjs Bupati Pesisir Selatan, DR. Era Sukma Munaf, ST, MM, MT, secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan di Kecamatan Sutera, Jumat (25/10/2024).

Acara yang berlangsung selama sepekan ini mencerminkan komitmen daerah dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan dan budaya di tengah masyarakat.

Selama penyelenggaraan, MTQ ini dihadiri oleh ribuan peserta dan pengunjung, menciptakan suasana yang meriah dan penuh semangat.

Camat Sutera Dailipal, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi, baik secara moril maupun materil, yang memungkinkan penyelenggaraan MTQ ini berjalan sesuai harapan.

“Dukungan dari masyarakat dan lembaga setempat menjadi kunci kesuksesan acara ini,” jelasnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pesisir Selatan Munandar,S.Ag menekankan bahwa MTQ ini tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan.

“Tetapi juga berhasil meneguhkan semangat membaca dan mengajarkan Alquran kepada generasi muda,” katanya.

Sementara itu, Pjs Bupati Pesisir Selatan Era Sukma Munaf menjelaskan, MTQ ini merupakan ajang seleksi untuk mencari qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Pesisir Selatan di tingkat Sumatera Barat.

“Selain itu, penyelenggaraan MTQ diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia dan membangun karakter masyarakat yang lebih religius dan berakhlak,” sebutnya.

Lebih dari sekadar ajang perlombaan, MTQ ke-41 juga menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Acara ini memicu semangat gotong royong dan kebersamaan di kalangan masyarakat, serta meningkatkan partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan sosial.

Pjs Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia pelaksana dan pihak yang terlibat, serta mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, menandai penutupan resmi MTQ ke-41.

Dengan harapan, penyelenggaraan ini akan membawa dampak positif bagi pembangunan masyarakat di Pesisir Selatan menuju masyarakat yang lebih sejahtera dan berakhlak. (fdr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *