rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » SMPN 1 Solok Selatan Berikan Edukasi kepada Orangtua Murid

SMPN 1 Solok Selatan Berikan Edukasi kepada Orangtua Murid

Kepala SMPN 1 Solok Selatan Rika Jumatil Fitri, M.Pd saat memberikan sambutan

Muara Labuh, rakyatsumbar.id—Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Solok Selatan gelar edukasi bagi orangtua siswa.

Sebanyak 150 orangtua siswa kelas VII diberikan pemahaman tentang pola asuh anak, kenakalan remaja serta peran orangtua terhadap anak.

Kepala SMP N 1 Solok Selatan Rika Jumatil Fitri,M Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan anak-anak pagi diawali dengan tahfiz, saat tahfiz anak dikelompokkan sesuai kemampuan anak.

“Siswa-siswi yang lqro kelompoknya lebih sedikit paling 10 orang. Siswa yang masih Iqra butuh guru pembimbing khusus untuk bisa baca Alquran, sampai pukul 08.00 WIB,” sebutnya.

Setelah itu, lanjutnya, proses belajar mengajar untuk menambah pengetahuan anak-anak, perlu disampaikan walimurid minggu besok itu akan memulai kegiatan pembentukan karakter anak dan disiplinnya dengan berkolaborasi dengan Koramil.

“Tujuan melatih PBB kemudian kita berharap wejangan-wejangan dari Koramil nantinya, kegiatan itu dimulai dari pukul 15.00 sore sampai pukul 17.00 WIB,” ujar Rika.

Dijelaskan, kita juga berkolaborasi dengan pihak Polsek Sungai Pagu, karena secara lingkungaan kami dis ekolah, tetapi secara wilayah tentunya bapak Kapolsek yang punya wilayah.

“Saat ini sangat banyak penyimpangan mulai dari  bermotor ugal-ugalan, knalpot racing, kemudian pergaulan bebas seperti merokok dan penyalahgunaan Narkoba dan minuman keras,” ungkapnya.

Kolaborasi dengan KUA dan Polsek

SMPN 1 juga berkolaborasi dengan KUA Sungai Pagu guna memberikan pemahaman tentang akhlak, adab beragama.

Seperti contoh saat ini tingginya angka pernikahan di usia dini yang seharusnya belum patut menikah, tetapi sudah menikah di karenakan pergaulan bebas.

“Pergaulan bebas ini terjadi karena kita orang tua kurang kontrol dan menggawasi anak, kolaborasi semua pihak perlu kita tingkatkan agar tercipta generasi emas,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan Psikolog dari BP2KB3A Kabupaten Solok Selatan Vebi Kurniawan, S. Psi  yang bergerak di perlindungan perempuan dan anak.

“Bapak dan ibu bisa belajar dan berkonsultasi tentang tata cara mengurus dan mengarahkan anak secara psikologis, silahkan bertanya sepuas-puasnya,” lanjutnya.

Turut hadir pada acara tersebut Kapolsek Sungai Pagu Iptu Azwar Zamzami, Koramil Sungai Pagu, Vebi Kurniawan S.Psi Dinas BP2KB3A dan Kepala KUA Sungai Pagu Audi Reza S. Ag.

Selanjutnya, Komite beserta anggota,orang tua siswa kelas VII dan kepala sekolah Sekolah Rika Jumatil Fitri, M. Pd dan majelis guru SMPN I Solok Selatan. (cr7)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *