rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Ciptakan Generasi Emas, Dibutuhkan Kolaborasi Semua Pihak

Ciptakan Generasi Emas, Dibutuhkan Kolaborasi Semua Pihak

Kadis Pendidikan Solok Selatan Syamsuria bersama Kepala SMPN 1 Solok Selatan Rika Jumatil Fitri

Muara Labuh, rakyatsumbar.id—Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan Syamsuria,S.Pd., M.Pd membuka acara Edukasi Kenakalan Remaja, Pola Asuh dan Peran Orangtua Siswa, di Aula SMP N 1 Solok Selatan, Rabu (23/10/2024).

Syamsuria saat membuka acara menggatakan, kerjasama antara pihak sekolah dengan seluruh orang tua siswa perlu terus dijalin serta ditingkatkan.

Untuk membentuk generasi baik peran orang tua sangat besar, generasi baik tersebut baik dari segi akhlak, aqidah serta sopan santun terhadap guru dan orangtua.

“Serta tidak melakukan hal yang tidak negatif seperti kenakalan remaja, Narkoba, merokok dan ugal-ugalan dalam berkendara,” katanya.

Untuk diketahui, ujar Syamsuria, Narkoba sudah merambah ke pelajar tingkat SMP dan SD.

“Untuk menjaga anak-anak kita semua, seandainya ada dari pihak sekolah yang merazia isi tas anak bapak/ ibu jangan ada orangtua yang salah paham dengan tindakan guru di sekolah tersebut,” lanjutnya.

“Batasi pergaulan anak, baik laki-laki maupun perempuan. Kemudian orangtua harus memberikan pemahaman terhadap anak, biasakan orangtua memberikan contoh terbaik kepada anak,” sebutnya.

Ditambahkan, majelis guru atau tenaga pendidik tak usah main fisik terhadap anak/siswa, jika mereka sulit diatur atau tidak mau di didik untuk disiplin, kembalikan saja kepada orang tuanya.

“Membangun mentalitas anak, untuk menghadapi tantangan kedepan sangatlah berat, dibutuhkan kolaborasi kita semua. Orangtua siswa diminta meluangkan waktu, demi menyelamatkan generasi penerus kita,” tutup Syamsuria.

Kepala SMPN 1 Solok Selatan Rika Jumatil Fitri, M.Pd menyampaikan, tujuan mengangkatkan kegiatan tersebut, untuk berdiskusi bagaimana nanti anak-anak kita menjadi generasi baik kedepannya.

“Setelah kita tua, merekalah yang akan menggantikan kita. Mereka yang akan menjadi generasi penerus kita, maka dari itu kami menggandeng semua pihak,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga diikuti Kapolsek Sungai Pagu Iptu. Azwar Zamzami, Kepala KUA Sungai Pagu Audi Reza, S.Ag, Danramil Sungai Pagu Epriyono, Psikolog dari BP2KB3A Solok Selatan Vebi Kurniawan, S.Psi, Komite Sekolah serta orangtua siswa kelas VII sebanyak 150 orang. (cr7)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *