rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mahyeldi Serap Aspirasi Kelompok Nelayan di Pesisir Selatan

Mahyeldi Serap Aspirasi Kelompok Nelayan di Pesisir Selatan

Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi saat berdialog dengan kelompok Nelayanan

Padang, rakyatsumbar.id–Calon Gubernur Sumatera Barat Nomor Urut 1 Mahyeldi, menegaskan pentingnya pengembangan sektor pertanian dan kelautan saat bertemu dengan kelompok nelayan di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Senin (14/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi mendengarkan langsung aspirasi nelayan setempat, terutama terkait peningkatan dukungan bagi mereka.

Mahyeldi menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan berupa alat penangkapan ikan yang lebih modern, seperti jaring dan radar untuk mendeteksi keberadaan ikan.

Hal ini diharapkan dapat mempermudah nelayan dalam bekerja. “Kami akan bantu dengan alat bantu seperti jaring dan radar agar nelayan lebih cepat mendapatkan informasi untuk menangkap ikan,” ujarnya.

Selain itu, Mahyeldi juga menekankan pentingnya pengembangan sistem penangkapan ikan modern.

Dia bahkan telah mengajak para pekerja asal Sumatera Barat yang bekerja di Jepang untuk kembali dan membantu menerapkan teknologi tersebut di daerah ini.

“Dengan sistem modern, nelayan akan lebih maju dan ekonomi masyarakat pesisir bisa lebih baik,” jelas Mahyeldi.

Dalam pertemuan itu, seorang warga berusia 79 tahun menyatakan rasa terima kasihnya kepada Mahyeldi karena menjadi gubernur pertama yang mengunjungi kampung mereka.

“Sudah 79 tahun umur ambo, baru kali ini gubernur datang ke kampung kami. Kami berterima kasih sekali, Pak,” katanya, disambut tepuk tangan dari warga.

Warga lain, Dodi, mengungkapkan keluhan terkait banjir yang sering melanda wilayah Muaro Painan. Menurutnya, kondisi ini sangat mempengaruhi nelayan, terutama saat cuaca buruk yang menyebabkan ikan busuk.

“Kami sangat rentan terkena banjir saat pasang naik,” keluh Dodi.

Di sisi lain, Nov, warga lainnya, menyampaikan bahwa dukungan masyarakat Pesisir Selatan untuk Mahyeldi sangat besar, bahkan diperkirakan mencapai 78 persen.

“InsyaAllah dari Siguntur hingga Silaut, 78 persen masyarakat mendukung Buya Mahyeldi,” katanya.

Mahyeldi merespon keluhan tersebut dengan janji untuk memperhatikan masalah banjir yang sering terjadi di Pesisir Selatan.

Dia menyatakan, solusi serupa yang telah diterapkan di Tapan akan dibawa ke Painan.

“Kami akan menerapkan langkah yang sama untuk mengatasi banjir di sini,” ujar Mahyeldi.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan Mahyeldi dengan masyarakat pesisir serta menjadi awal dari upaya memperhatikan kebutuhan mereka dalam program-program mendatang. (ned)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *