30/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Klaim Token Listrik Gratis bisa Diakses Mulai Hari Ini

Klaim Token Listrik Gratis bisa Diakses Mulai Hari Ini

Presiden Meninjau Program Instalasi Listrik Gratis. Foto : jpnn

Begini Langkah dan Syarat Pendaftarannya

Padang, Rakyat Sumbar—Registrasi token listrik gratis dari PLN, sudah bisa diakses mulai hari ini, Senin (6/4/2020). Subsidi untuk pemakai listrik dari masyarakat kurang mampu ini diharapkan bisa meringankan dampak ekonomi saat wabah corona Covid-19.

“Nomor itu (token) akan bisa berjalan mulai hari Senin (6/4/2020),” kata Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam jumpa pers di Graha BNPB, sebagaimana ditayangkan lewat siaran langsung via Internet (streaming), di Jakarta, Jumat (3/4/2020) lalu.

Dia menjelaskan, masyarakat dapat mendaftar lewat aplikasi WhatsApp dan juga bisa lewat mengakses laman resmi PLN di website pln.co.id. Caranya, masuk ke website tersebut dan pilih menu pelanggan.

“Di sana, ada sub-menu ‘stimulus COVID-19’ seperti arahan Bapak Presiden (Joko Widodo, red). Silakan masukkan ID pelanggan atau nomor meternya dan masuk ke token token listrik gratis,” jelas dia.

Saat token gratis berhasil didapatkan, dipersilakan memasukkan angka tersebut ke KWh meter agar dapat diskonnya sesuai arahan pemerintah. Sementara itu, jika dengan layanan WhatsApp, masyarakat dapat mengirim pesan ke nomor 08122123123.

“Ketik (pesan) apa saja, nanti dapat balasan. Masukkan ID pelanggan, nanti akan ada token listrik gratis yang kemudian bisa dimasukkan ke KWh meter,” terang dia.

Perlu diketahui, tidak semua pelanggan berhak mendapat bantuan. Pasalnya, hanya ada dua kelompok yang menerima insentif, yaitu pelanggan listrik berkapasitas 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi. Artinya, pelanggan listrik 900 VA yang memiliki kode ‘M’ pada nomor struk tagihan tidak mendapatkan bantuan pengurangan listrik sebesar 50 persen. (isr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.