rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Rp37 M Disiapkan untuk Bedah 1.240 Rumah Terdampak Bencana

Rp37 M Disiapkan untuk Bedah 1.240 Rumah Terdampak Bencana

Pjs Bupati Pesisir Selatan Era Sukma Munaf

Painan, rakyatsumbar.id–Lama menunggu, akhirnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Sselatan wujudkan keinginan sebanyak 1.240 pemilik rumah yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor pada Maret dan Mei silam.

Dimana, anggaran untuk rehab ribuan rumah masyarakat tersebut bersumber dari Dana Siap Pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak Rp37 miliar.

“Anggaran itu belum ditransfer oleh pusat ke kas daerah, namun untuk persiapan kita telah panggil BPBD,” ucap Pj Bupati Pesisir Selatan Era Sukma Munaf, Senin (30/09/2024).

Ia menjelaskan, selain dari DSP tersebut pemerintah daerah juga mempersiapkan anggaran sebesar Rp500 juta yang diplot melalui APBD Perubahan Tahun 2024.

“Jadi, juga ada dana BOP dari daerah guna untuk operasional dan juga juknis,” tambahnya.

Lebih lanjut, anggaran sebesar itu bakal diserahkan kepada masyarakat penerima manfaat dengan menyesuaikan kepada kategori kerusakan rumah, dimana terdapat tiga kategori rusak berat, sedang dan ringan.

“Ketiga kategori itu dikucuri anggaran yang berbeda-beda,” tuturnya.

Tidak hanya itu, pemerintah daerah juga mendapatkan kucuran anggaran melalui DSP BNPB sebanyak Rp23 miliar guna perbaikan jembatan, diantaranya jembatan gantung tambang, taratak tempatih dan juga jembatan gantung surau pasir.

“Kenapa gak terlambat, ya karena masih menunggu perubahan anggaran untuk BOP, ini selanjutnya bakal di eksekusi,” tutupnya. (fdr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *