rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Tim Pengabdian Masyarakat PNP Memberikan Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan Pada UMKM “JAMPIMIL”

Tim Pengabdian Masyarakat PNP Memberikan Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan Pada UMKM “JAMPIMIL”

Tim Pengabdian kepada Masyarakat, PNP berikan pelatihan kepada Usaha Keripik JAMPIMIL, di Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat, PNP berikan pelatihan kepada Usaha Keripik JAMPIMIL, di Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Padang, rakyatsumbar.id-Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Negeri Padang (PNP) memberikan pelatihan kepada salah satu pelaku UMKM di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Usaha Keripik JAMPIMIL (Keripik Jamur) dikenalkan aplikasi untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

“Kita telah lakukan pelatihan pencatatan transaksi keuangan dengan menggunakan aplikasi praktis berbasis Microsof Excel. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan Usaha Keripik JAMPIMIL bisa menyusun laporan keuangan lebih efektif dan efisien,” sebut Novirwan Trinanto, SE, M.Si, Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat PNP, Senin (23/9/2024).

Ia mengatakan, saat ini terdapat berbagai aplikasi yang bisa memudahkan penyusunan laporan keuanga usaha secara otomatis, lengkap, cepat dan akurat. Microsoft Excel adalah salah satu diantaranya, perangkat lunak yang membantu pekerjaan dalam bidang pengolahan data angka dengan cepat, user-friendly, formula yang lengkap, dan ruang penyimpanan data yang besar.

“Sehingga dari pelatihan pencatatan transaksi keuangan ini dapat membantu Usaha Keripik JAMPIMIL dalam menyajikan laporan laba rugi, laporan arus kas, dan neraca perusahaan menjadi lebih baik dibandingkan dengan pencatatan sebelumnya yang masih manual,” jelasnya.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat PNP yang melakukan pelatihan pencatatan transaksi keuangan berbasis aplikasi Microsoft Excel di Usaha Keripik JAMPIMIL ini diketuai oleh Novirwan Trinanto, SE, M.Si dan beranggotakan Ika Yuanita, SE, MM; Elni Sumiarti, SE, M.Si; dan Yenida, SE., M.Si serta Haikal Saputra.

Pelatihan diberikan melalui pemaparan materi dan praktik langsung kepada pemilik dan karyawan dari Usaha Keripik JAMPIMIL, yang berlokasi di Jalan Dr. Moh Hatta No. 43, Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

“Kita menyampaikan terimakasih kepada dosen PNP yang telah berbagi ilmunya dalam mempermudah penyusunan laporan keuangan berbasis aplikasi Microsoft Excel ini,” jelas Raihan Fahrezi, pemilik usaha Keripik JAMPIMIL.

Ia mengatakan, Usaha Keripik JAMPIMIL sudah berdiri sejak tahun 2022 dan menghasilkan Produk Olahan Keripik Jamur dengan berbagai varian rasa sebagai unggulan serta Keripik Singkong dan Mie Lidi sebagai produk pendukung.

Satu kali produksi bisa menghasilkan 50 kemasan dengan harga rata-rata produk per kemasan berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 40.000,- tergantung ukuran kemasan.

Produk JAMPIMIL bisa ditemukan di berbagai mini market, rumah makan, pengecer, warung kopi, dan penjualan kepada konsumen atau melalui pemesanan langsung ke gerai usaha bagi masyarakat di sekitaran Kota Padang.

“Saat ini kita mempekerjakan sebanyak 5 orang karyawan yang bertugas dan bertanggungjawab pada bagiannya masing-masing, yaitu 1 orang manajer, 2 orang bagian produksi, 1 orang bagian pemasaran, dan 1 orang bagian keuangan,” terangnya.

Ia berharap dengan kegiatan pelatihan ini, dapat membantu memudahkan pemilik dan karyawan dalam pelaporan keuangan usaha Keripik JAMPIMIL yang sesuai dengan kaidah-kaidah dan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang baik dan benar.

“Kami menyampaikan terimakasih atas pelatihan pencatatan transaksi keuangan berbasis aplikasi Microsoft Excel yang disampaikan Tim Pengabdian kepada Masyarakat PNP,” pungkasnya. (ril)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *