27/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » HIPMI Padang Buat Bilik Ultraviolet Cegah Covid-19

HIPMI Padang Buat Bilik Ultraviolet Cegah Covid-19

Padang, Rakyat Sumbar–Kecemasan global tentang virus corona Covid-19 makin tinggi. Membutuhkan inovasi dalam upaya pencegahan wabah tersebut. Seperti dilakukan BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Padang.

Mereka mengembangkan Disinfection Chamber Ultra Violet Mobile (bilik sinar ultraviolet). Bilik ini memanfaatkan sinar ultraviolet atau sinar UVC yang diyakini dapat efektif membunuh virus atau bakteri.

Perkumpulan pengusaha muda di Padang itu bahu membahu membuatkan bilik sinar ultraviolet tersebut, untuk membantu semua pihak dalam pencegahan dan penularan Covid-19 di Padang dan umumnya di Sumbar.

“Bilik sinar UVC tidak sekadar dibuat. Gagasan dari beberapa rekan-rekan di HIPMI, terkait hal ini telah didiskusikan dengan tim kesehatan dan para dokter yang ahli di bidangnya,” beber Ketua BPC HIPMI Kota Padang, Mohammad Roxas, Sabtu (4/4/2020).

Para pengusaha muda tergabung dalam BPC HIPMI Padang di lokasi pembuatan bilik ultraviolet untuk menekan Covid-19. (tanharimage)

Pakar yang dilibatkan, baik tim kesehatan dari daerah, seperti Rumah Sakit Unand dan RSUP M. Djamil Padang termasuk telah mendiskusikan dari beberapa ahli kesehatan lainnya. Seperti UI dan UGM. Inovasi ini pun disambut secara positif. Sebab berdasarkan referensi sambung Roxas, ternyata terbukti dapat menghentikan penularan sekaligus mencegah Covid-19.

“Di Wuhan, Cina menggunakan alat ini sebagai salah satu dalam penanganan dan melawan Covid-19. Sinar UVC ini dipergunakan di beberapa layanan umum dan perkantoran inti,” jelas Dia.

Roxas menerangkan, cara kerjanya, masuk ke dalam bilik sinar ultraviolet kesehatan tersebut selama tiga detik, maka sinar UVC akan menyinari tubuh dan melumpuhkan virus yang menempel di tubuh dan pakaian. Ia pun mengingatkan, bahwa alat tersebut bukan lampu ultraviolet yang sering ditemukan di pasaran tapi khusus.

Sementara itu penasehat BPC HIPMI Padang, Maidestal Hari Mahesa didampingi pembina, Dady Fatria mengatakan, alat tersebut akan disumbangkan ke Rumah Sakit Unand dan RSUP M. Djamil Padang. Sehingga para pengunjung atau petugas setempat yang hendak masuk kantor terlebih dahulu akan masuk dalam bilik untuk mensterilkan tubuh dengan sinar UVC. (hrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.