rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Cuaca tak Bersahabat, Gantole Hanya Sumbang Medali Perak

Cuaca tak Bersahabat, Gantole Hanya Sumbang Medali Perak

Cuaca tak bersahabat, Gantole pada PON 2024 ini hanya menyumbang medali perak.


Aceh, rakyatsumbar.id – Harapan Sumbar menambah koleksi medali emas dari cabor andalannya di FASI (Federasi Aerosport Seluruh Indonesia) melalui disiplin Gantole dan Paralayang, di dua lokasi berbeda, pupus, di hari terakhir even ini, Kamis (19/9/2024).

Dari Bandara Rembele yang terletak di Kabupaten Bener Meriah, pilot andalan Sumbar NSR Yalatif gagal menyamai capaian point terbaiknya di Semifinal Nomor Durasi Klas A kala menyingkirkan pilot tuan rumah, Budi

Kala itu, Latif mampu meraih poin sempurna, 1.000. Sementara lawannya, Budi cuma meraih poin 449. Di partai puncak, Latif harus puas dengan poin 544 saja di tengah cuaca yang tak menentu di Kabupaten Bener Meriah itu.

Ia harus mengakui keunggulan pilot asal Jatim, Mustopa. Di partai final itu, Mustopa meraih poin serupa, 1.000 saat ia mengalahkan kompatriotnya sesama Jatim, Muhid.

Hasil ini mengantarkan Mustopa meraih medali emas, dan Latif berhak dengan medali perak. Di tempat ketiga ada pilot tuan rumah, Budi yang menyisihkan pilot Jatim, Muhid. Dari capaian ini, Budi menggondol medali perunggu.

Manager tim Sumbar untuk disiplin Gantole, Kapt. Hari mengakui kondisi cuaca di sekitar Bandara Rembele sangat tak menentu dan kerap membuat perlombaan urung dipertandingkan.

“Setidaknya, ada 4 hari cuaca buruk sehingga pilot-pilot kita gagal. Belum lagi hembusan angin membuat pilot kita tak bisa berbuat banyak,” kata Perwira TNI AU Lanud St. Sjahrir ini.

Kendati demikian, Hari mengaku tetap bersyukur dengan raihan yang dicapai Sumbar di nomor ini. Menurutnya, prestasi kali ini pertama kali diraih pilot Sumbar untuk kelas Durasi Klas A selama nomor ini dipertandingkan di PON.

Sementara itu, pada disiplin Paralayang yang dilangsungkan di kawasan Taman Rusa, Kabupaten Aceh Besar, di hari terakhir harus puas dengan medali perak dari nomor KTM (ketepatan mendarat) beregu putra.

Di nomor ini, menurut Manejer tim Lettu (Tek) Jacky Purnomo, Sumbar masih punya kans meraih medali emas. Sayangnya di hari terakhir pertandingan Kamis kemarin, para pilot yang bertanding tak bisa terbang karena faktor Tail Wind.

“Karena semua kontingen tak bertanding, hasil pertandingan sebelumlah yang jadi patokan penentuan medali, dimana tim beregu kita sudah bertengger di posisi kedua,”katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, perlombaan di paralayang ini, terutama di nomor KTM beregu putra dipertandingkan 6 kali, (6 sortie).

Namun karena cuaca yang memang buruk selama sepekan terakhir, hanya sekali saja dipertandingkan.

“Bahkan, beberapa nomor tak jadi dipertandingkan karena faktor cuaca,” ucapnya lagi.

Tim paralayang putra Sumbar yang meraih medali perak itu adalah Zaki Mubaraq, Abdurrahman Hidayat, Jordi Ansyah R, Febri Yulito, dan M.Irsyad.

Tim ini, kata Jacky juga turut menyumbangkan medali perunggu untuk nomor XC (Cross Country alias Lintas Alam) beregu putra yang penyerahan medalinya dilakukan Rabu (18/9/2024).

Selain itu, salah satu dari mereka, yakni Abdurrahmah Hidayat turut mempersembahkan medali perunggu untuk kategori perorangan di nomor yang sama. (rif)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *