Perumdam Tirta Serambi Terus Tingkatkan Pelayanan ke Pelanggan
Padangpanjang, rakyatsumbar.id—Bentuk pelayanan kepada pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Serambi Kota Padangpanjang terus berupaya memaksimalkan pendistribusian air bersih ke pelanggan.
Dimana, hampir keseluruhan lokasi di Kota Padangpanjang telah mendapatkan pelayanan air bersih dari Perumdam Tirta Serambi, persentasenya mencapai 75 persen, sedangkan 25 persen lainnya menggunakan air bersih dari sumber lain serupa mata air.
“Hal ini tentunya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai perusahaan pendistribusi air bagaimana terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan agar tidak kecewa terhadap penyaluran air bersih,” kata Direktur Perumdam Tirta Serambi Adrial,ST,MT.
Disampaikannya, saat ini, petugas dari Perumdam Tirta Serambi juga terus melakukan pengecekan pengecekan terhadap instalasi air, agar penyaluran kepada pelanggan dapat berjalan dengan lancar.
“Selain pelayanan, kita juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhemat menggunakan pemakaian air. Apalagi, dengan sejumlah kendala yang dihadapi di sumber air, tentunya pelayanan juga tetap harus maksimal,” ingatnya.
Disebutkan Adrial, Perumdam Tirta Serambi Kota Padang Panjang sudah mengembangkan sejumlah inovasi serupa zona air minum prima dan Smart Water Management System (SWMS) hingga saat ini rata-rata pelayanan air minum sudah hampir 24 jam bagi masyarakat di daerah ini.
Program Smart Water Management System (SWMS) ini mampu bersaing dalam Inovation Government Award 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.
Di samping itu, Perumdam Tirta Serambi Kota Padangpanjang berhasil meraih prestasi sebagai BUMD air minum dengan kinerja terbaik di Sumatera Barat selama tiga tahun berturut-turut.
Selanjutnya, sejumlah penghargaan yang diterima Perumda Tirta Serambi di tahun 2023 yakni peraih medali emas Bhumandala Kanaka dari Badan Informasi Geospasial (BIG), dimana Pemerintah Kota Padangpanjang mampu melakukan inovasi pemanfaatan informasi geospasial melalui aplikasi WebGIS Simpel yaitu inovasi sistem pelayanan berbasis geospasial mulai dari sumber air, pengolahan, jaringan pipa hingga dimanfaatkan pelanggan.
Selanjutnya, Perumda Tirta Serambi Padangpanjang masuk ke dalam Top 45 terpuji Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.
“Perumdam Tirta Serambi Padangpanjang sudah melakukan inovasi sehingga pelayanan sudah hampir 24 jam dirasakan masyarakat. Kita mampu bersaing dengan inovasi yang dilakukan BUMD di Sumatera Barat,” jelasnya. (ned)