rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Dibangun Sejak Tahun 1995, Baru Diaspal di Kepemimpinan Rusma Yul Anwar  

Dibangun Sejak Tahun 1995, Baru Diaspal di Kepemimpinan Rusma Yul Anwar  

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar tengah bercengkerama dengan salah seorang pekebun yang melintasi ruas jalan Sindang-Lunang

Painan, rakyatsumbar.id–Dibangun semenjak 1995, ruas jalan Sindang Lunang, Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan baru di aspal dimasa kepemimpinan Rusma Yul Anwar.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh masyarakat setempat, Khadiri (61) beberapa waktu lalu kepada awak media ini, dimana pengaspalan dilakukan terhadap jalan Sindang Lunang baru selesai dilaksanakan pada tahun ini.

Pengaspalan itu dirasakan sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat, mulai dari akses yang cepat menuju pusat perbelanjaan (pasar-Red), banyaknya pedagang yang masuk, tersedianya sayur-mayur bagi masyarakat, distribusi hasil perkebunan berupa sawit hingga memangkas waktu tempuh.

“Jalan ini dibangun pada 1995, dan tidak pernah di aspal, setelah diaspal banyak keuntungan bagi masyarakat, waktu tempuh dan biaya lebih irit, jalan tidak lagi bergelombang seperti dulu, terima kasih pak bupati,” ucapnya.

Sementara itu, Suato (41) salah seorang pedagang ikan keliling, ketika diwawancarai juga mengatakan hal yang sama, dimana pengaspalan jalan yang dilakukan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan juga pedagang keliling.

“Kalau dulu, masuk berjualan je Sindang Lunang ini meski berfikir dua kali, karena medan jalannya yang berat, tapi sekarang alhamdulillah tidak goyang lagi, kami sangat senang,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, semenjak pengaspalan dilakukan terhadap ruas jalan itu, ia bisa berdagang sesuai dengan kemauan dan tidak lagi berfikir panjang.

“Karena biasanya jarak tempuh sangat lama sekali, sekarang tidak, hanya butuh 15-20 menit sudah sampai ke pemukiman masyarakat di Sindang Lunang, ” tuturnya.

Sementara itu, Camat Lunang Sunardi. Minggu (4/8) mengatakan, jalan Sindang Lunang merupakan salah akses jalan yang dipergunakan oleh masyarakat untuk melaksanakan aktivitas baik ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Sehingga, keberadaannya dirasa sangat penting oleh masyarakat, disektor pendidikan dipergunakan bagi pelajar untuk menuntut ilmu karena terdapat satu Sekolah Dasar, kemudian mendapatkan layanan kesehatan yang cepat serta pendistribusian hasil perkebunan yang cepat.

“Biasanya hasil perkebunan di lansir dengan menggunakan motor, sekarang tidak lagi, karena sudah bisa diangkut dengan menggunakan mobil, ini memangkas biaya dan waktu pendistribusian, sangat bermanfaat sekali,” ucapnya.

Kesempatan lainnya, Bupati Pesisir Selatan. Rusma Yul Anwar mengatakan bahwasanya, jalan Sindang- Lunang Kecamatan Lunang dilakukan perbaikan untuk peningkatan menjadi aspal sepanjang 3,2 Kilometer.

“Sebelumnya merupakan jalan dengan kategori rusak berat sekarang berubah menjadi aspal mulus, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, pengusulan perbaikan jalan Sindang-Lunang sudah dilakukan semenjak tahun 2021 silam, akan tetapi, karena terkendala terjadinya bencana nasional dan refocussing Anggaran akibat pandemi Covid-19 maka, perbaikannya selalu tertunda.

“Baru di tahun ini bisa terealisasi, anggarannya menelan sekitar Rp7 miliar,” tutupnya singkat. (fdr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *