29/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Jabatan Sekdako Padang Lowong, Peminat Justru tak Ada

Jabatan Sekdako Padang Lowong, Peminat Justru tak Ada


Padang, rakyatsumbar.id– Walikota Padang Hendri Septa angkat suara melihat tidak adanya ASN yang berminat mengikuti seleksi terbuka pengisian jabatan tinggi pratama untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang.

Menurutnya, lantaran tidak ada yang mendaftar, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Saya telah meminta izin kepada KASN, tetapi KASN tidak memberikan surat. Sekarang tentu harus ada penyesuaian dengan aturan KASN.”
“Tidak ada yang salah karena tidak ada yang mendaftar untuk menjadi Sekda Kota Padang,” ujarnya, Senin (14/3).
Hendri mengungkapkan, saat ini semua orang berhak menjadi Sekda. Setiap ASN yang ada di Pemko Padang tentunya mampu untuk menjabat sebagai Sekda Kota Padang.
“Karena tidak ada yang mendaftar, kita tunggu rekomendasi dari KASN oleh Pemko Padang,” tambahnya.
Sekretaris Komisi I DPRD Kota Padang Budi Syahrial berharap seleksi Sekda Kota Padang melibatkan semua ASN yang berada di wilayah kerja Provinsi Sumbar.
“Seleksi Sekda Kota Padang jangan terpaku dengan aturan yang melibatkan ASN yang berada di lingkungan Pemko Padang saja.”
“Tetapi libatkanlah seluruh ASN yang berada di seluruh Sumatera Barat, termasuk ASN yang berada di Pemrov Sumbar agar lebih berkualitas orang yang menduduki Sekda Padang nantinya,” jabarnya.
Budi Syahrial menjelaskan, semua ASN pasti sangat tertarik menduduki posisi Sekda.
“Apakah ada pengkondisian sehingga tidak ada ASN yang berminat menduduki jabatan sebagai Sekda.”
“Sesuai aturan, jika tidak ada calon Sekda, tentu akan ke luar aturan penunjukan seseorang untuk di angkat sebagai Sekda defenitif.”
“Jelas tidak cantik dalam permainan politik. ASN jangan sampai dipolitisi dengan politik,. Bersikaplah profesional,” ucapnya.

DPRD Akan Lakukan Pembahasan

Budi Syahrial menegaskan, tentang tidak adanya yang berminat mendaftar sebagai Sekda Kota Padang, Komisi I DPRD Kota Padang akan melakukan pembahasan.
Terkait tentang tidak ada yang berminat mengisi posisi Sekda ini.
“Kita akan sorot kenapa tidak ada yang tertarik dengan posisi Sekda ini.”
“Banyak ASN lulusan S2 dan S3 dari universitas terkemuka. Kok tidak ada yang tertarik menduduki posisi Sekda. Ada apa ini? Jangan jadikan Kota Padang menjadi kota yang aneh-aneh,” tegasnya.
Terpisah, Wakil ketua DPRD Padang dan sekaligus koodinator Komisi I DPRD Padang Arnedi Yarmen menjelaskan Walikota Padang menginginkan seseorang yang menduduki posisi Sekda yang berkualitas.
“Walikota Padang tentu mempunyai syarat-syarat tertentu untuk dipilih sebagai Sekda.”
“Apalagi ASN di Pemko Padang banyak lulusan S2 dan S3. Tentu walikota menginginkan seseorang yang menduduki posisi Sekda yang berkualitas.
“Jadi, kualitas sekda yang bagaimana dengan Walikota Padang. Ini yang dipertanyakan sehingga belum ada yang tertarik mendaftar hingga saat ini,” tambahnya.
Pengisian Jabatan Tinggi Pratama untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang telah resmi terbuka untuk ASN yang memenuhi syarat sejal beberapa waktu yang lalu.
Hal itu berdasarkan surat nomor: 820.022/PANSEL-PDG/2022 tanggal 25 Februari 2022 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Padang.
Seleksi ini terbuka bagi ASN di lingkungan Pemko Padang yang memenuhi persyaratan.
Seluruh pengumuman dalam tahap seleksi terbuka ini bisa dilihat melalui website BKPSDM Padang(www.bkd.padang.go.id). (endang pribadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.