30/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kapolri Resmikan Tim Patroli Perintis Presisi

Kapolri Resmikan Tim Patroli Perintis Presisi

kapolri

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, ketika meresmikan Tim Patroli Perintis Presisi. ISTIMEWA

Jakarta, rakyatsumbar.id -Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meminta tim patroli kepolisian mengamankan semua aktivitas masyarakat, dari pagi hingga malam. Hal ini seiring meningkatnya aktivitas masyarakat yang berpotensi terjadinya kejahatan.

“Tentunya seluruh kegiatan masyarakat bisa dilaksanakan dengan baik manakala rekan-rekan bisa hadir dan memberikan rasa aman di tengah kegiatan masyarakat,” kata Sigit saat meresmikan tim patroli perintis Presisi, Kamis (13/1).

Ia melanjutkan, selama 2021, sebanyak 79 persen kejahatan terjadi adalah kejahatan konvensional dan 35 persennya adalah kejahatan jalanan. Oleh karena itu, ia meminta kehadiran tim patroli bisa memberikan rasa aman pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan.

“Tim patroli yang dibentuk sudah dibekali dengan kemampuan mulai dari teknis hingga taktis dalam melaksanakan tugas di lapangan nanti.

“Laksanakan tugas Polri dengan baik, demi memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Sigit.

Ia menyampaikan, tim patroli ini harus tampil humanis saat bertemu dan memberikan pelayanan masyarakat. Kegiatan preemtif dan preventif dikedepankan dalam melaksanakan tugas.

“Langkah-langkah tersebut yakni dengan memberikan edukasi ke masyarakat tentang potensi kejahatan, memberikan pesan-pesan Kamtibmas.

“Sehingga masyarakat bisa lebih berhati-hati dan tidak menjadi potensi sasaran kejahatan,” sebutnya.

“Dengan langkah-langkah preemtif dan preventif, langkah pencegahan lebih kuat maka kejahatan yang terjadi akan jauh berkurang. Ini tentunya menjadi harapan kita semua,” tambah Sigit.

Dirasakan Langusng Masyarakat

Menurut Sigit,  tim patroli ini terus melakukan hal-hal kecil yang dirasakan langsung masyarakat, seperti membantu orang menyebrang. Oleh sebab itu, tim patroli ini nantinya diintegrasikan dengan layanan kepolisian 110 dan command center. 

“Hal ini dimaksudkan agar keberadaan tim patroli ini dapat termonitor sehingga pada saat ada laporan kejahatan bisa bergerak cepat,” ungkap Sigit.

Sigit menekankan, kepada tim patroli perintis presisi untuk menjaga kewibawaan, menghindari pelanggaran dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat demi mewujudkan Polri yang Presisi.

“Jaga terus kemampuan rekan-rekan. Tingkatkan bila perlu kembangkan sehingga polisi bisa berada dan hadir di seluruh ruang-ruang kosong dimana masyarakat merasakan kehadiran rekan-rekan,” pungkas Sigit. (*/handi yanuar)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.