rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Selimuti Duka Mendalam, UNP Fasilitasi Pemulangan Ketiga Jenazah Korban Lubuk Hitam

Selimuti Duka Mendalam, UNP Fasilitasi Pemulangan Ketiga Jenazah Korban Lubuk Hitam

Suasana pengurusan jenazah mahasiswa UNP yang hanyut terseret air bah di objek wisata Lubuk Hitam

Padang, rakyatsumbar.id—Duka mendalam menyelimuti suasana Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar, saat civitas akademika dari Universitas Negeri Padang (UNP). Wajah-wajah duka terpancar dari mereka. Tak dikira, perjalanan wisata yang dilakukan oleh 16 orang mahasiswa D3 Fakultas Teknik UNP ini ke Air Terjun Lubuk Hitam, Bungus Padang ini, meninggalkan cerita duka yang teramat dalam. Tiga orang dari rombongan mahasiswa itu meninggal dunia karena hanyut terbawa arus bah di aliran Air Terjun Lubuk Hitam.
Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D didampingi Wakil Dekan III Fakultas Teknik UNP Dr Mukhlidi Muskhir, S.Pd, MKom saat ditemui menyampaikan rasa duka yang mendalam terkait meninggalnya tiga orang mahasiswa UNP akibat terseret air bah di Air Terjun Lubuk Hitam, Bungus Teluk Kabung, Padang.
“Kita dari pihak kampus menyampaikan rasa duka yang mendalam terkait peristiwa ini,” katanya di RS Bhayangkara Polda Sumbar, Sabtu (27/03/2021).
Ia menegaskan, kegiatan rombongan mahasiswa tersebut tidak terkait dengan kegiatan kampus UNP. “Kegiatan mahasiswa ini tidak terkait dengan kegiatan kampus. Mereka pergi atas inisiatif mereka sendiri, dan kami mendapat kabar setelah kejadian,” kata Hendra.
Hendra menyebutkan, korban pertama yang ditemukan Felicia (21) telah dibawa ke Lubuk Basung, Agam dini hari. Sementara korban Parulian akan dibawa ke rumah duka di Lubuk Buaya, Kota Padang dan Dela Sriyuli Yanti akan dibawa ke rumah duka di Alahan Panjang, Kabupaten Solok. “Untuk membawa ketiga jenazah kerumah duka difasilitasi oleh UNP,” jelasnya.
Lebih lanjut, Hendra menjelaskan sejak ketiga korban ini hilang, pihak kampus telah berada di lokasi dan beberapa mahasiswa turut terlibat dalam pencaharian korban.
“Kami dari semalam telah berada di sekitar lokasi kejadian, untuk mengetahui perkembangan pencaharian korban. WD III Teknik dan lain-lain sudah berada dilokasi kejadian dari semalam. Pada hari ini, beberapa dosen dan mahasiswa turut mengantar jenazah Felicia ke rumah duka di Lubuk Basung, Agam. Saat ini kita juga bersiap-siap setelah proses di RS Bhayangkara selesai, kita juga mengantar dua jenazah lagi kerumah duka di Lubuk Buaya, Padang dan Alahan Panjang, Solok,” tambahnya.
Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Teknik UNP Dr Mukhlidi Muskhir, S.Pd, MKom mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu sepenuhnya dalam pencarian korban hingga ditemukan.
“Kita mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh pihak baik dari Basarnas Kota Padang, BPBD Kota Padang, kepolisian, TNI dan seluruh masyarakat yang ikut membantu dalam pencarian hingga ditemukan,” kata dia.
Mukhlidi Muskhir menambahkan, pada saat ini mahasiswa yang selamat dari musibah air bah itu dalam keadaan shock.
“Pada saat ini, mereka dalam keadaan shock, pihak kampus melalui pimpinan jurusan berupa agar para mahasiswa yang shock ini mentalnya kembali membaik dan menerima keadaan musibah ini dengan lapang dada,” jelasnya.
Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, tiga orang yang hanyut di Air Terjun Lubuk Hitam, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang merupakan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP).
Ia menambahkan, menurut data di lapangan, mahasiswa tersebut terdiri dari 16 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.
“15 orang diantaranya mahasiswa UNP dan 1 orang mahasiswa Unand. Mereka berkunjung ke lokasi Wisata Alam Air Terjun 3 Tingkat Lubuk Hitam dengan tujuan berwisata dan mandi-mandi,” jelasnya. (edg)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *