18/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Progres Vaksinasi di Kota Padang Sudah 73 Persen

Progres Vaksinasi di Kota Padang Sudah 73 Persen

Salah seorang warga Kota Padang sedang divaksin di gedung Himpunan Tjinta Teman, beberapa bulan lalu. Vaksin dilaksanakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh demi mencegah Covid-19.

Padang, Rakyatsumbar.id– Walikota Padang, Hendri Septa, mengatakan, capaian sementara vaksinasi dosis pertama di kotanya mencapai 73,8 persen atau sekitar 536,384 jiwa. Jumlah tersebut berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Padang.

“Kesuksesan capaian vaksinasi  73,8 persen bagi warga Kota Padang tersebut didukung oleh banyak hal, seperti gencarnya pelaksanaan vaksin di Pemko Padang,” kata Hendri Septa.

Ia melanjutkan, selain Pemko Padang, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan oleh berbagai pihak pada gerai-gerai tersedia, termasuk kegiatan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin).

“Meskipun angka capaian vaksin telah merangkak naik dari waktu ke waktu, kita tetap mengimbau kepada warga Kota Padang yang belum divaksin untuk mendatangi puskesmas atau gerai-gerai vaksin terdekat untuk mendapatkan vaksinasi,” ucap Hendri.

Menurut Hendri Septa, langkah itu dilakukan agar Kota Padang bisa segara mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Selain itu, protokol kesehatan (Prokes) supaya diterapkan secara disiplin.

“Patuhi prokes demi pencegahan Covid-19. Tetaplah memakai masker kemanapun bepergian, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kerumunan,” ajak Hendri Septa.

Ia menyampaikan, pandemi Covid-19 masih mewabah, sebab itu kesadaran masyarakat terhadap Prokes perlu ditingkatkan, supaya penyebarannya bisa dicegah.

“Jangan abai terhadap Prokes, tetap waspada dan peduli mari kita cegah penyebaran pandemi Covid-19 secara bersama-sama,” pungkas Hendri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Ferimulyani Hamid, mengatakan, capaian 73,8 persen vaksinasi Kota Padang sudah melebihi capaian vaksinasi secara nasional yang baru diangka 72.14 persen.

“Pemerintah Kota Padang menargetkan jumlah warga yang akan divaksin sebanyak 726,615 jiwa, dari jumlah penduduk sekitar 980 ribu jiwa,” tutur Ferimulyani Hamid.

Ia menekankan, demi mencapai target itu pihaknya akan terus berupaya melakukan vaksinasi, sehingga bisa mengejar capaian vaksinasi pada angka 100 persen.

Ia mengakhiri, pihak membuka gerai vaksin di tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT dan RW. Semoga ini akan menambah pencapaian angka vaksinasi pencegahan Covid-19 di Kota Padang.

“Kita juga berharap vaksinasi di Kota Padang bisa tercapai 100 persen menjelang Maret 2022 mendatang,” tutup Ferimulyani, mengakhiri. (handi yanuar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.