22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » 1.040 Peserta Ikut Festival Qasidah

1.040 Peserta Ikut Festival Qasidah

Walikota Padang Hendri Septa, saat membuka Festival Qasidah di Galanggang Balai Kota Padang Aie Pacah, Jumat, (15/9).


Padang, rakyatsumbar.id – Walikota Padang Hendri Septa membuka Festival Qasidah di Galanggang Balai Kota Padang Aie Pacah, Jumat, (15/9). Kegiatan antar-kelurahan diikuti  1.040 peserta dalam rangka menyambut  Maulid Nabi 1445 Hijriah.

“Festival ini bertujuan melestarikan qasidah sebagai bagian memajukan kesenian. Pemko Padang akan terus memperbanyak iven serupa,” kata Hendri Septa.

Ia melanjutkan, selain melestarikan kesenian dan menyatukan masyarakat dalam satu tempat, iven ini tujuannya menggerakkan perekonomian.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan, transaksi jual beli juga akan bergerak, ekonomi masyarakat akan tumbuh,” ucapnya.

Menurut Hendri, hal ini terbukti dengan digelarnya beberapa kegiatan pada  2023, sesuai arahan pemerintah provinsi sejak 2022. Salah satunya Festival Muaro Padang pada April 2023, kemudian HUT Kota Padang ke-353 yang juga berkesinambungan dengan HUT RI ke-78.

“Tentunya kegiatan seperti itu kita usahakan akan menjadi kegiatan rutin tahunan. Pastinya butuh dukungan semua pihak,” ungkap Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Padang Fuji Astomi,  menyampaikan acara Festival Qasidah antar kelurahan ini diikuti oleh 104 kelurahan yang ada di Kota Padang.

“Kegiatan ini, dibagi dengan dua kelompok kategori lomba,” sebut Fuji Astomi.

Ia mengakhiri, video qasidah yang sudah diikuti 104 kelurahan, ini merupakan penampilan qasidah bentuk video klip.

“Kemudian qasidah bershalawat, yang akan berlangsung 3 hari ke depan. Dari 104 kelurahan, setiap grup terdiri dari 10 peserta dan 3 official,” pungkas Fuji. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.