19/08/2022
Beranda » Universitas Bung Hatta Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan Plus ke RSUP M Djamil

Universitas Bung Hatta Serahkan Bantuan Bilik Disinfektan Plus ke RSUP M Djamil

Bilik Disinfektan hasil karya Mahasiswa Bung Hatta

Bilik Disinfektan hasil karya Mahasiswa Bung Hatta

Padang, Rakyat Sumbar—Wabah covid-19 telah melanda  bangsa Indonesia sudah lebih dari 1 bulan. Dampak yg ditimbulkannya mengenai berbagai sektor diantaranya kesehatan, ekonomi, sosial,  budaya, pendidikan dan lain sebagainya.

Banyak hal yang telah berubah, seperti banyaknya orang kehilangan pekerjaan, social dan physical distancing, work from home, belajar daring dsb. Tentu saja tidak semuanya membawa dampak negatif. Kreatifitas dan empati meningkat.

Universitas Bung Hatta yang merupakan Perguruan Tinggi Swasta terbesar di Sumatera, yang memiliki SDM dan sarana parasarana yang lengkap turut ambil bahagian dalam situasi ini.

Prof.Tafdil Husni selaku Rektor periode 2020-2024 mendorong dosen, tendik dan mahasiswa agar memberi konstribusi positif dalam memecahkan persolan masyarakat.

Melalui kreatiifitas Dosen, Tendik dan Mahasiswa, berbagai hal yang sudah dilakukan selama covid-19, seperti pembuatan Bilik Disifektan, Ventilator Friendly (VentiFren), Wastafel Portable, Cairan Disinfektan, Hand Sanitizer, Masker dll.

Karya-karya tersebut sebagian besar sudah dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bentuk bantuan maupun bentuk lainnya. Disamping itu Universitas Bung Hatta juga telah menyalurkan bantuan sembako, masker, hand sanitizer kepada masyarakat sekitar kampus dan mahasiswa yang terdampak Covid-19.

Penyerahan bantuan bilik disinfektan UBH untuk RSUP M Djamil Padang, Rabu (30/4/2020)

Bantuan juga diberikan kepada mahasiswa untuk pelaksanaan kuliah online, bekerjasama dengan PT. Telkomsel.

Pada tanggal 15 April 2020 yang lalu, Universitas Bung Hatta bekerjasama dengan Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kota Padang berupa Bilik Disinfektan yang ditempatkan di RSUD Kota Padang dan Klinik Rahmi Hatta.

Pada hari Rabu (30/4/2020), Universitas Bung Hatta kembali menyerahkan bantuan kepada RSUP M. Jamil Padang berupa Bilik Disifektan yang ditempatkan di Pintu masuk Ruangan IGD dan Ruangan Ganti APD Dokter dan Perawat.

Bantuan tersebut diterima oleh Catur Suharinto, M.Kom  yang mewakili direktur RSUP dan diserahkan oleh Dr. Ir. Hidayat, M.T., IPM selaku Dekan FTI bersama Ir. Iman Satria, M.T., IPM selaku Ketua Tim Covid- FTI yang mewakili Rektor Universitas Bung Hatta.

Hidayat mengungkapkan, Bilik disinfektan ini berbeda dengan sebelumnya. Berbeda dengan produk bilik disinfektan sebelumnya. Alat ini seluruhnya bebas setuh, karena dilengkapi mesin hand sanitizer otomatis.

Pemakai cukup mendekatkan tangan ke Mesin Hand Sanitizer, maka cairan sanitizer akan muncrat dan selanjutnya pemakai melangkah kedalam bilik maka cairan disinfektan dalam bentuk uap akan keluar menyemprot pakaian (APD) ungkap Hidayat.

Tambahan dari Iman, Bilik ini sangat friendly dan menyesuiakan dengan kebutuhan penanganan Covid-19, makanya disebut Bilik Disinfektan Plus.

Catur, menyampaikan ucapan terimakasih Direktur  Utama RSUP. M.Jamil Padang Dr. dr. Yusirwan, Sp.B, Sp. BA(K) MARS kepada Rektor Universitas Bung Hatta yang sudah memberi bantuan berupa Bilik Disinfektan Plus.

“Alat ini sangat bermafaat bagi Dokter dan perawat untuk menjaga ke-sterilan APD  sebelum dan sesudah  bertugas,” imbuh Catur. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.