02/03/2024
Beranda » Tiga Kelurahan di Padangpanjang Ditunjuk Lokasi IBM. Mardiansyah : Pokir dari Anggota DPR-RI Attari Gauthi Ardi

Tiga Kelurahan di Padangpanjang Ditunjuk Lokasi IBM. Mardiansyah : Pokir dari Anggota DPR-RI Attari Gauthi Ardi

Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah.A,Md usai Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Kegiatan IBM Sanitasi Tahun 2023

Padangpanjang, rakyatsumbar.id— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), menetapkan tiga kelurahan di Kota Padangpanjang sebagai lokasi kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) bersama dengan lokasi lainnya di Indonesia.

Tiga kelurahan itu, Bukit Surungan di Kecamatan Padangpanjang Barat, Kelurahan Koto Katik serta Tanah Pak Lambik di Kecamatan Padangpanjang Timur.

Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah,A.Md yang hadir dalam Penandatangan Kersama Sama (PKS) kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Sanitasi Tahun 2023 di Hotel Pangeran Padang, Selasa (02/05/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Barat, perwakilan Komisi V DPR-RI, Kasi Pelaksana Wilayah I dan II dan Kasatker Pelaksanaan Sarana dan Prasarana Pemukiman.

Mardiansyah ketika dihubungi mengatakan, tiga kelurahan yang menjadi lokasi IBM ini, untuk dua program berbeda. Di Bukit Surungan, program Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dengan dana Rp500 juta.

“Di Koto Katik dan TPL, program Sanitasi Berbasis Masyarakat  Pengelolaan Air Limbah Domestik senilai Rp350 juta. Kedua program di tiga kelurahan itu ada tahapan-tahapannya, perencanaan, pelaksanaan dan pascakonstruksi. Penetapan lokasinya berdasarkan hasil verfikasi Direktorat Jenderal Cipta Karya,” terangnya.

Dipaparkan Mardiansyah, amanat dari pengelolaan SDG’s 2030 adalah menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan.

Selanjutnya, menjadikan kota dan permukiman inklusif, aman dan tangguh yang berkelanjutan. Menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.

Sementara itu terkait terpilihnya tiga kelurahan ini, Mardiansyah berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Padangpanjang.

Ia juga berterima kasih kepada Anggota Komisi V DPR RI, Attari Gauthi Ardy yang mengarahkan kegiatan ini ke Kota Padangpanjang sebagai pokok-pokok pikirannya sebagai perwakilan masyarakat dari Dapil Sumbar 1.

“Semoga Allah SWT selalu meridai setiap langkah dan perjuangan kita bersama untuk membangun Kota Padangpanjang,” ucapnya. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.