22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Penggunaan ANFIS MATLAB  Pada Tegangan Flashover Berdasarkan Kontaminan Lumut Isolator 150 kV

Penggunaan ANFIS MATLAB  Pada Tegangan Flashover Berdasarkan Kontaminan Lumut Isolator 150 kV

Oleh : Anisa Umi Khairi
 Mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Padang

 

Tingginya polutan akan menyebabkan terjadinya flashover yang besar dan mengakibatkan kegagalan pada isolator yaitu adanya kontaminan atau pengotor yang menempel di isolator sehingga membuat isolator menjadi tidak konduktif dan cepat mengalami flashover.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dari isolator yang berasal dari alam sepertiair hujan, debu, lumut, kelembaban dan garam  laut. Di Koto Panjang – Payakumbuh lebih dari 60% menara berada di posisi ketinggian, karena posisi menara terletak diarea perbukitan maka secara kelembapan isolator yang berada di ketinggian akan mengalami kontaminan yang tinggi.

Dengan menggunakan anfis matlab maka variable belembaban dan suhu ke dalam benruk rumus anfis (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System)merupakan teknik untuk mencapai hasil yang ideal dengan menggabungkan konsep jaringan saraf tiruan dengan logika fuzzy.

Dengan menggunakan jaringan saraf tiruan untuk mengenali pola dan menyamakan pola dengan perubahan lingkungan, dan logika fazzy digunakan untuk menyatukan pengetahuan manusia dan mencari keputusan unruk sebuah kesimbupan.

Berdasarakan metode anfis terhadap suhu dan kelembaban Dapat dilihat bahwa lumut yang melekat pada isolator akan menghasilkan nilai flashover eksperimen yang tinggi mencapai 353 kV sedangkan pada matlab nilai flashover mencapai 339 kV dengan nilai suhu mencapai 30,5 0C dan nilai kelembaban mencapai 76,8%.

Sedangkan nilai flashover yang terendah mencapai 315,6 kv sedanglan pada matlab diperoleh nilai sebesar  315,5 kV dengan nilai suhu 29,7 0C dan nilai kelembaban 77,5%

Pengaruh suhu terhadap tegangan flashover, Suhu atau disebut juga temperatur adalah suatu ukuran menunjukan seberapa panas atau dingin nya suatu benda dengan menggunakan alat termometer.

Karena Tegangan tembus dipengaruhi dari keadaan udara di sekeliling. Suhu menandakan panas atau tidak suatu benda dengan semakin meningkatnya suhu maka semakin panas benda.

Dilihat dari pengujian menggunakan software MATLAB dapat dilihat hasil grafik terhadap suhu semakin tinggi suhu, maka tegangan flashover akan semakin meningkat

Pengaruh kelembaban terhadap tegangan flashover kelembaban yang tinggi juga dapat menyebabkan terbentuknya polutan pada permukaan isolator, yang akan menurunkan tingkat kinerja dari isolator pada saluran transmisi Koto Panjang-Payakumbuh.

Kelembaban yang tinggi mempercepat reaksi antara kadar uap air dan polutan udara. Reaksi ini menghasilkan zat lain, baik polutan sekunder maupun zat yang tidak berbahaya.

Kelembaban udara dapat menyebabkan terbentuknya lapisan kondensasi air pada isolator, yang dapat mengurangi kemampuan isolator untuk mengisolasi konduktor. Ini dapat menyebabkan tegangan flashover lebih mudah terjadi.

Dilihat dari pengujian menggunakan software MATLAB terhadap kelembaban, di dapatkan semakin tinggi kelembaban maka tegangan flashover pada isolator semakin menurun. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.