rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Nagari Jawi-jawi Kabupaten Solok Raih 2 Penghargaan Tingkat Nasional

Nagari Jawi-jawi Kabupaten Solok Raih 2 Penghargaan Tingkat Nasional

Solok, rakyatsumbar.id-Berkat kerja keras dan kerja cerdas yang ditanamkan Bupati Solok Epyardi Asda kepada seluruh Walinagari dan Aparatur Pemerintah Kabupaten Solok. Nagari Jawi-Jawi, Kecamatan Gunung Talang berhasil meraih 2 penghargaan Tingkat Nasional.

Penghargaan pertama Nagari Jawi-Jawi, ditetapkan sebagai kampung terbaik dalam kolaborasi wisata budaya tingkat nasional. Kemudian, Nagari Jawi-Jawi yang merupakan Kampung Keluarga Berkualitas juga ditetapkan sebagai juara 3 tingkat nasional pada kategori kabupaten.

Penghargaan Kampung Keluarga Berkualitas terbaik dalam kolaborasi wisata budaya tingkat nasional itu diterima Bupati Solok Epyardi Asda yang diwakili Kepala Dinas PPKBP3A, dr. Maryeti Marwazi dari Kepala BKKBN Pusat, Dr. Hasto Wardoyo, Kamis (27/6/2024) kemarin.

Sementara itu, penghargaan sebagai juara 3 Kampung Keluarga Berkualitas diterima Ketua Pokja Kampung Keluarga Berkualitas Nagari Jawi Jawi, Lasperman. Turut mendampingi Camat Gunung Talang Riswandi Bahauddin dan Wali Nagari Jawi-Jawi, Kelly Beminda.

Kolaborasi Kampung Wisata Budaya menjadi salah satu inovasi dari Kampung Keluarga Berkualitas Nagari Jawi-Jawi dalam melestarikan wisata budaya dan keindahan alamnya. Nagari Jawi-Jawi telah dikembangkan menjadi Nagari Wisata sejak 2017 dan sudah dikunjungi wisatawan yang berasal lebih dari 24 negara.

Sebagai nagari wisata, Nagari Jawi-Jawi mengandalkan kebudayaan lokal sebagai daya tarik utama. Untuk mencapai tujuan itu, nagari tersebut melakukan pemerekan (branding) diri dengan Desa Wisata Kampung Budaya Jawi-Jawi.

Konsep dari nagari, oleh nagari, dan untuk nagari adalah kunci sukses pembangunan ekonomi dan masyarakat Nagari Jawi jawi dalam mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas. Kemudian juga ditunjang dengan perpaduan, integrasi & kolaborasi program dari OPD/ Lintas Sektor.

“Penghargaan ini membuktikan komitmen Pemerintah Kabupaten Solok bersama nagari dan masyarakat dalam menjalankan program yang diamanatkan Inpres Nomor 3 tahun 2022 tentang Optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas,” ungkap dr. Maryeti Marwazi.

Dua penghargaan tersebut melengkapi penghargaan sebelumnya yang diterima Bupati Solok, H. Epyardi Asda. Dimana, Bupati Epyardi Asda ditetapkan sebagai kepala daerah yang mempunyai komitmen tinggi dalam Optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas.

Terkait penghargaan itu,Bupati Epyardi Asda mengaku bersyukur dengan penghargaan sekaligus yang diterima Kabupaten Solok. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan kerja keras dari semua pihak dalam mendorong kemajuan daerah.

“Tentunya, prestasi dan penghargaan ini merupakan bukti atas kerja nyata dan kerjasama serta kolaborasi dalam memajukan Kabupaten Solok. Semoga ke depan bisa kita tingkatkan lagi,” tuturnya. (Well)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.