17/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » KPU Agam Koordinasi dengan Disdukcapil Soal Pemilih Potensial Non KTP Elektronik 

KPU Agam Koordinasi dengan Disdukcapil Soal Pemilih Potensial Non KTP Elektronik 

KPU Agam koordinasi dengan Disdukcapil soal pemilih potensial non KTP elektronik.


Lubukbasung, rakyatsumbar.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam terkait pemilih potensial non Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Koordinasi tersebut dilakukan sesuai dengan arahan KPU RI untuk bekerjasama dengan Disdukcapil di wilayah kabupaten dan kota dalam menyinkronkan data dan mendorong pemilih potensial tersebut segera memiliki KTP-El.

Tim koordinasi langsung dipimpin Ketua KPU Kabupaten Agam Herman Susilo, kemudian Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Agam Lizawati Fitri, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Nining Erlina Fitri beserta staf Sekretariat KPU Agam. Kedatangan KPU Agam diterima langsung Oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Agam, Helton dan Sekretaris Zufren, serta kabid terkait.

Dalam Kesempatan itu Ketua KPU Kabupaten Agam Herman Susilo mengatakan, arahan KPU RI menekankan hingga pemilu serentak 2024 dilaksanakan KPU Kabupaten dan kota untuk tetap menjemput dan terus melakukan penyempurnaan pemutakhiran data pemilih.

” Kita harus tetap update data pemilih, khususnya bagi pemilih potensial non KTP-El. Oleh sebab itu kami wajib berkoordinasi secara berkelanjutan dengan stakeholder terkait khususnya Disdukcapil, Alhamdulillah kemarin kami sudah ketemu dan diskusi panjang” kata Herman Susilo, Selasa (18/7/2023).

Herman Susilo juga mengucapkan terima kasih kepada Kadisdukcapil Kabupaten Agam beserta jajaran yang menerima dengan sangat baik dan sangat respon terkait data pemilih. Ia berharap sinergi ke depan bisa jauh lebih bagus lagi.

Sementara itu Kadisdukcapil Kabupaten Agam Helton mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam sangat serius soal data penduduk. Oleh sebab itu Disdukcapil Agam rutin setiap hari turun ke masyarakat jemput bola, terkait data kependudukan.

Ia menambahkan, Disdukcapil Agam siap meningkatkan sinergi soal data pemilih khususnya pemilih potensial yang belum memiliki KTP-El. Kolaborasi ini tentu akan saling membantu apalagi KPU memiliki sumberdaya yang lengkap, di kecamatan hingga nagari.

” Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar cepat melaporkan data jika ada keluarganya yang meninggal. Begitu juga jika pindah, laporkan pencatatannya. Apabila TNI/Polri sudah pensiun segera dialihkan statusnya menjadi sipil sehingga memiliki hak pilih. Bagi yang belum memiliki KTP-El segera mengurusnya,” jelas Helton. (rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.