rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Pencuri Kotak Amal Masjid Terekam Kamera CCTV

Pencuri Kotak Amal Masjid Terekam Kamera CCTV

Aksi pelaku pencurian uang infaq di Masjid Al Iman Kampung Taji, Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping

Pasaman, rakyatsumbar.id—-Pencurian uang dalam kotak amal terjadi di Masjid Al Iman Kampung Taji, Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, Kamis (04/03/2021) sekitar pukul 14.50 WIB. Aksi pencurian uang infaq ini pun terekam kamera pengintai (CCTV) yang ada di masjid tersebut.
Kasus maling uang kotak infaq masjid itu sempat menghebohkan warga di Kecamatan Lubuk Sikaping dan sekitarnya. Sebab, benar-benar nekat maling itu membawa seluruh uang yang ada di dalam kotak amal itu dengan dibungkus kain sarung.
Dalam video pencurian berdurasi sekitar sembilan menit itu, mulanya tampak dua pemuda yang ada di dalam masjid.
Dua pemuda itu adalah garin. Sebelum keluar, ia tampak mengecek keamanan keadaan kotak.
Tak lama berselang, dua garin ini keluar. Tiba-tiba seorang pemuda lainnya tampak datang menuju kontak infak yang dibautkan ke dinding masjid itu.
Saat situasi dirasa aman, pemuda berjaket hitam mengeksekusi kotak mencoba membukak kunci kotak infaq dengan sebuah obeng. Kotak pun terbukak sekitar enam menit proses pencongkelan.
Selanjutnya, ketika kondisi kotak infaq setengah terbuka, tiba-tiba pemuda ini meninggalkan kotak dan berputar-putar di dalam masjid sembari melihat suasana dan mengambil sebuah kain sarung. Ia tampak begitu santai dan dengan manisnya mengikat kain sarung sehingga berbentuk wadah dan kemudian ia kembali ke kotak untuk mengambil semua uang. Sekejab, semua uang di dalam kotak infaq raib. Pelaku pergi dan membawa uang infak maajid itu dengan dibungkus kain sarung.
Walinagari Durian Tinggi, Richa Afandy menjelaskan, kasus ini pun telah dilaporkan ke pihak Polisi.
“Saat ini polisi tengah memburu semua pelaku, ditambah wajah mereka terekam jelas di CCTV. Kita berharap, pelaku pencurian uang dalam kotak amal teraebut segera tertangkap,” tagasnya.
Terpisah, Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah membenarkan adanya laporan pencurian kotak amal di Masjid Al Iman Kampung Taji, Nagari Durian Tinggi.
Kata Lazuardi, saat ini pihanya tengah menyelidiki kasus pencurian kotak amal itu.
Polisi menyelidiki kasus pencurian ini setelah menerima laporan dari warga. Polisi telah mendatangi lokasi dan memeriksa sejumlah saksi serta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).
“Kami juga mengecek rekaman CCTV yang memutar aksi saat pelaku melakukan aksi pencurian,” kata Kasat Reskrim AKP Lazuardi pada Rakyat Sumbar, Jum’at (05/03/2021).
Diketahui pencurian tersebut terjadi di Masjid Al Iman Kampung Taji, Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. “Kejadianya pada, Kamis sekira pukul 14.50 WIB, saat kawasan tersebut sedang sepi,” kata Lazuardi.
Dalam rekaman CCTV, tampak seorang pelaku yang berusaha mencongkel kotak amal tersebut menggunakan sebuah obeng hingga kotak tersebut terbuka.
Pada rekaman CCTV itu juga terligat , pelaku tampak menengok ke kiri dan kanan dalam menjalankan aksinya. Tampak pelaku pencurian kotak amal tersebut berambut pendek dan mengenakan jaket lengan panjang berwarna hitam.
“Hingga kini, kasus pencurian uang kotak amal yang dilakukan pelaku di masjid tersebut masih salam tahap lidik,” tukasnya. (zon)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *