rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Benny Utama : Tidak Ada Istilah Orang Dekat Bupati, Wabup dan Sekda

Benny Utama : Tidak Ada Istilah Orang Dekat Bupati, Wabup dan Sekda

Bupati Pasaman Benny Utama saat memimpin apel gabungan ASN di halaman Kantor Bupati Pasaman

Pasaman, rakyatsumbar.id —- Hari pertama masuk kerja, Bupati – Wakil Bupati Pasaman, Benny Utama- Sabar AS pimpin apel gabungan dengan seluruh ASN Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, dan laksanakan rapat koordinasi dengan jajaran OPD, Senin (01/3/2021) .
Dalam apel perdana di halaman Kantor Bupati setempat, Benny Utama mengatakan, hari ini adalah hari pertama saya bertatap muka dengan ASN dilingkungan pemerintahan kabupaten Pasaman.
Kata Bupati, tidak banyak yang ingin saya sampaikan dalam apel perdanananya ini. Kepada seluruh ASN di daerah ini, mari kita semua bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.
Ia meminta, kepada seluruh ASN dan pejabat agar mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku, serta menguasai tugas pokok dan fungsi sesuai bidang tugas masing-masing.
“Dibawah kepemimpinan kita ini tidak ada istilah orang dekatnya Benny Utama – Sabar AS, antau dengan pak Sekda. Yang ada adalah orang-orang yang berfikir lebih dan bekerja lebih. Jadi Itulah yang akan dekat dengan pimpinanya,” ucap Benny Utama.
Dijelaskannya, sejak tahun 2000 ia sudah pernah jadi Wakil Bupati, Ketua DPRD, pernah jadi Bupati, anggota DPRD provinsi Sumbar, dan kini kembali diamanahkan menjadi Bupati Pasaman untuk masa jabatan 2021 – 2024 mendatang.
“Seluruh pegawai dilingkungan pemkab Pasaman ini rata-rata saya sudah kenal karakternya masing, terutama pejabat yang memegang eselon di daerah ini. Untuk itu, ia meminta kepada jajarannya agar bekerja sesuai tugas dan fungsinya dan tidak usah berfikir yang lain-lain,” katanya
Menurut Benny Utama, jauh dekatnya pegawai dengan bupati – wakil bupati dan Sekda, yang menentukannya adalah orang-orang yang bekerja. “Bagi yang bekerja sunggung-sungguh pasti akan dekat dengan pimpinannya. Namun, jika mereka tidak bekerja pasti mereka akan sembunyi-sembunyi dari pimpinannya,” terangnya.
Kedua, Bupati Benny Utama meminta jajarannya bekerja dengan sistem dan sesuai aturan. “Semua ASN diminta bekerja sesuai aturan yang ada. Jangan bekerja dengan perasaan, karena akan banyak faktor yang akan mempengaruhinya. Jika ASN sudah bekerja dengan aturan maka mereka akan meghasilkan kinerja yang baik. Untuk itu, kuasai aturan, dan jangan engan untuk belajar dan bertanya,” pintanya.
Ketiga, kepada Aparatur pemerintah dan jajarannya jangan berfikir yang macam- macam kecuali memberikan pengabdian yang terbaik untuk daerah kita ini.
Selain itu, Benny Utama meminta jajarannya agar jangan saling bentur membenturkan. Apalagi membentur benturkan para pemimpin kita. “Saya ingatkan, jika ada yang saling bentur membenturkan antar sesama aparatur dan pimpinannya, maka saya akan ambil tindakan tegas terhadap orang seperti itu,” tegasnya.
Selanjutnya, ASN diminta untuk saling introspeksi, saling mengoreksi, saling menguatkan dan saling mengisi, agar bisa menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat secara maksimal.
“Mari sesuaikan frekuensi pemahaman tugas masing-masing, agar nadanya selaras dan enak dirasakan, sehingga tugas kita pun bisa bermanfaat bagi masyarakat Pasaman secara menyeluruh,” ujarnya.
Turut dipesankan, keberhasilan pemerintah akan dapat dicapai dan dirasakan masyarakat, apabila serapan APBD daerah ini diselenggarakan cepat dan tepat waktu.
Menurutnya, percepatan diperlukan agar perputaran roda perekonomian masyarakat juga cepat berjalan. Hal ini penting dilakukan, mengingat minimnya investasi swasta yang ada di Pasaman.
“Kita menyadari pergerakan ekonomi masyarakat kita dominan bergantung pada pergerakan APBD. Itu makanya serapan APBD ke masyarakat harus lebih cepat sejak awal tahun dan maksimal sampai ke masyarakat,” tegas Bupati Benny Utama.
Tata kelola pemerintahan yang baik, juga ikut disinggung. Menurutnya, tertib administasi dan tertib penggunaan aset pemerintah harus terlaksana dengan baik.
“Saya minta pada hari Rabu (3 Maret) seluruh aset roda 4 dan roda 2 di kumpulkan di halaman Kantor Bupati dalam rangka pelaksanaan penertiban penggunaan aset,” ujar bupati.
Sementara itu, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS menyampaikan bahwa Wakil Bupati bertugas membantu tugas Bupati terutama dalam bidang pengawasan dan tugas khusus lainnya yang diberikan Bupati.
Ia berharap kepada semua aparatur pemerintah di Pemkab Pasaman bisa bekerjasama membantu Bupati H. Benny Utama dalam memimpin pemerintahan dan pembangunan di Pasaman.
Pantauan rakyatsumbar.id dilapangan, usai Apel Pagi, Bupati H. Benny Utama, SH, MM dan Wakil Bupati Sabar AS, Sekda, Para Staf Ahli, Asisten dan seluruh Kepala SKPD, serta Kepala Bagian dilingkungan Sekretariat Daerah dan Camat mengikuti Rapat Koordinasi pelaksanaan tugas untuk pertama kalinya di aula lantai III Kantor Bupati Pasaman. (zon)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *