Padang, rakyatsumbar.id — PT Chery Sales Indonesia menyatakan dukacita dan solidaritas mendalam kepada warga Kota Padang, Sumatera Barat, yang terdampak bencana banjir dan longsor dalam beberapa pekan terakhir. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang terintegrasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga akhir November 2025 tercatat 14 titik banjir dan tujuh titik longsor, disertai banjir bandang dan tumbangnya pohon-pohon yang memaksa ribuan warga mengungsi. Bencana hidrometeorologi ini telah menimbulkan ratusan korban jiwa dan kerusakan fasilitas di wilayah nasional (BPBD Kota Padang, 2025).
Merespons hal tersebut, Chery mengimplementasikan komitmen nilai Environmental, Social, and Governance (ESG) dengan menyalurkan bantuan bagi korban bencana. Bantuan dibagi dalam dua wilayah utama, yakni Kota Padang dan sekitarnya yang diserahkan langsung kepada Wali Kota Padang, serta Kabupaten Agam dan sekitarnya yang disalurkan melalui BPBD Kabupaten Agam. Bantuan mencakup kebutuhan utama seperti bahan pangan, air bersih, kebutuhan sandang, dan kebutuhan mendesak bagi pengungsi dan masyarakat yang masih terisolasi di lokasi pengungsian.
Selain bantuan langsung, Chery meluncurkan program layanan purnajual “Chery Flood Care” khusus bagi konsumen yang kendaraannya terdampak banjir dan longsor. Program ini berlangsung dari 1 Desember 2025 hingga 30 Januari 2026 dan menyediakan fasilitas towing gratis ke bengkel resmi terdekat, diskon 50% untuk suku cadang perbaikan terkait dampak banjir dengan nilai maksimal Rp5.000.000 per kendaraan, serta tambahan diskon 10% untuk biaya jasa perbaikan di seluruh bengkel resmi Chery yang berpartisipasi.
Untuk memastikan pendampingan menyeluruh, Chery menyediakan layanan darurat dan konsultasi teknis 24 jam melalui Customer Care bebas pulsa di nomor 0800-1-79797. Konsumen dapat memperoleh panduan penanganan awal kendaraan pascabanjir, termasuk langkah aman sebelum kendaraan dibawa ke bengkel resmi.
Rifkie Setiawan, Head of Brand and Marketing PT Chery Sales Indonesia, menyatakan, “Mobilitas merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui program ‘Chery Flood Care’, kami berharap dapat mempercepat pemulihan mobilitas konsumen sehingga mereka dapat kembali beraktivitas dengan aman dan nyaman. Kendaraan terdampak banjir membutuhkan penanganan khusus dan bengkel resmi kami siap memberikan layanan terbaik dengan suku cadang asli demi keselamatan jangka panjang.”
Inisiatif donasi dan layanan purnajual ini menegaskan komitmen Chery terhadap nilai-nilai ESG dan semangat Chery Family Care yang mengedepankan kepedulian terhadap manusia dan lingkungan sebagai bagian integral strategi dan operasional perusahaan. Chery berkomitmen menghadirkan kontribusi positif tidak hanya melalui produk berkualitas, tetapi juga dukungan sosial yang berkelanjutan.
Acara penyerahan bantuan dihadiri oleh Wali Kota Padang Fadly Amran, Jimmy Gany selaku Owner Chery Padang, Lili Kurniawati, Direktur PT Sentral Theta Auto Padang, Swesti Fanloni, Kepala Dinas DPMPTSP Kota Padang, serta para karyawan Chery Padang.
Tentang Chery:
Chery adalah merek otomotif global yang mengusung nilai Green, Technology, Family, dan Companionship, menyasar konsumen kelas menengah perkotaan dengan produk inovatif ramah lingkungan dan teknologi cerdas. Sejak masuk ke Indonesia pada November 2022 di bawah PT Chery Sales Indonesia, Chery telah meluncurkan tiga lini produk utama yaitu OMODA Series, TIGGO Series, dan J6, termasuk varian listrik OMODA E5 dan SUV listrik premium J6, offroad pertama di Indonesia. Dalam satu tahun, Chery membangun tujuh jaringan dealer di lebih dari 30 kota, menyediakan layanan transaksi, servis, dan suku cadang dengan standar layanan 6 Bintang serta garansi mesin 10 tahun atau 1.000.000 km. (fwi)




