Momen Sumpah Pemuda, PLN Sumbar Gerilya Lakukan Pemutakhiran Data Pelanggan
Momen Sumpah Pemuda, PLN Sumbar gerilya lakukan pemutakhiran data pelanggan.
Padang, rakyatsumbar id – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat, melalui 4 unit kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang berada di bawah koordinasinya gerilya lakukan Pemutakhiran Data Pelanggan (PDP) daya 450-900 VA secara serentak pada Oktober hingga November 2024 ini.
PDP dilakukan langsung oleh pegawai PLN dan tim PT PLN Haleyora Power di unit tersebar. Melalui kegiatan ini PLN memperbarui data pelanggan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pelanggan PLN yang berada di wilayah Sumatera Barat dengan total 793.974 pelanggan.
Bukan hanya petugas PLN dan tim PT Haleyora Power, General Manager PLN UID Sumbar Ajrun Karim dan jajaran manajemen ikut turun langsung melakukan PDP di beberapa rumah pelanggan.
Ajrun menyampaikan, PDP dilakukan guna mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan. ‘’Kami melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan dengan ID Pelanggan untuk memastikan kevalidan data yang terdaftar dalam database PLN,” sampainya.
Kegiatan ini melibatkan seluruh pegawai PLN UP3 Padang dan ULP di wilayah tersebut. Ajrun juga menambahkan bahwa pelanggan dapat melakukan pembaruan data secara mandiri melalui aplikasi PLN Mobile, yang kini dilengkapi dengan fitur “Data Diri”. Dalam aplikasi ini, pelanggan dapat mengisi data NIK dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta memastikan alamat dan titik koordinat yang tepat.
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh pelanggan dalam kegiatan ini meliputi:
1. Menyiapkan e-KTP dan Kartu Keluarga.
2. Program ini tidak dipungut biaya.
3. Waspadai penipuan yang mengatasnamakan PLN; petugas resmi dilengkapi Surat Tugas dari PLN.
4. Periode survei berlangsung dari 1 Oktober hingga 31 Desember 2024.
Pada momen Sumpah Pemuda, upaya gerilya yang dilakukan PLN UID Sumbar telah mutakhirkan 79 Ribu data Pelanggan. Dengan langkah ini, PLN berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan tepat sasaran bagi seluruh pelanggan di wilayah Sumatera Barat. (ri)