rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Tanpa Wakil dari Golkar, Pimpinan DPRD Definitif Kabupaten Solok Dilantik

Tanpa Wakil dari Golkar, Pimpinan DPRD Definitif Kabupaten Solok Dilantik

Pengambilan Sumpah janji jambatan pimpinan DPRD Defenitif

Solok, rakyatsumbar.id—Ivoni Munir resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok periode 2024 – 2029.

Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan Defenitif dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin oleh Pimpinan sementara Ivoni Munir didampingi Armen Plani, di gedung DPRD setempat, Selasa (16/09/2024).

Ivoni Munir ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok setelah partai pengusung Ivoni Munir, Partai Amanat Nasional (PAN), mendapatkan kursi terbanyak yaitu 6 kursi dari 35 kursi di DPRD Kabupaten Solok.

Disamping itu, juga ditetapkan Armen Plani dari Partai NasDem sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Solok.

Pelantikan ini ditandai dengan terbitnya Surat Keputusan Gubernur Sumatra Barat Nomor: 171-662-2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Solok.

Prosesi pengucapan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kotobaru Indriani didampingi rohaniawan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, Zufatmai.

Tanpa Wakil dari Golkar

Sekretaris DPRD Kabupaten Solok, Zaitul Ikhlas, membacakan Surat Keputusan Gubernur Sumatra Barat mengenai peresmian pengangkatan pimpinan definitif DPRD Kabupaten Solok masa jabatan 2024-2029.

Prosesi pelantikan berlangsung dengan khidmat dan sakral, dengan Ketua Pengadilan Negeri Kotobaru memimpin jalannya pelantikan, dilengkapi dengan pembacaan khotbah sumpah oleh rohaniawan.

Setelah pengucapan sumpah, dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan yang dimulai oleh Ivoni Munir, kemudian Armen Plani, diikuti oleh Rohaniawan dan diakhiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Koto Baru.

Bupati Solok Epyardi Asda diwakili Sekretaris Daerah kabupaten Solok Medison mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian pengangkatan Ivoni Munir sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok, serta Armen Plani sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok.

Meskipun, Wakil Ketua 2 dari partai Golkar masih dalam proses mudah-mudahan dalam waktu dekat segera dilakukan pelantikannya.

“Dengan diresmikannya pimpinan defenitif DPRD kabupaten Solok masa jabatan periode 2024-2029, kinerja DPRD dapat berjalan secara optimal, baik dalam pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan,” ujarnya.

Ia juga berharap peresmian pengangkatan pimpinan DPRD kabupaten Solok ini tidak dimaknai sebagai seremonial saja.

Melainkan merupakan refleksi tulus dan jujur, diiringi dengan tekad dan semangat yang kuat serta komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Kita harus selalu ingat masyarakat telah memilih dan memberikan kepercayaan wakilnya guna mengemban tugas dan amanah dalam pembangunan kabupaten Solok,” tambah Medison.

Medison mengingatkan tugas kedepannya tidak lah mudah mengingat berbagai tantangan yang kita hadapi saat ini.

Mulai dari persoalan peningkatan Kesejahteraan masyarakat, pembangunan Infrastruktur, hingga upaya pengentasan Kemiskinan yang menjadi Prioritas Utama Perintah Daerah.

Medison berkeyakinan dengan bersinergi yang baik bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah optimis dan mampu mengatasi berbagai tantangan tersebut.

“Sehingga kerja sama yang harmonis bersama pimpinan dan anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 menjadi harapan masyarakat Kabupaten Solok,”katanya.

Bersama Kawal Pembangunan

Ketua DPRD kabupaten Solok, Ivoni Munir mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas dilantiknya unsur pimpinan DPRD yang baru.

Nantinya akan bekerja sama dengan seluruh unsur yang ada, untuk mengawal pembangunan di Kabupaten Solok.

“Kita harus satu pemikiran dan satu rasa dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat, Sehingga apa yang telah diamanahkan dan dipercayai masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Namun itu semua tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua, karena tanpa jalinan hubungan kerjasama yang baik antara Pemerintah daerah dan seluruh unsur masyarakat yang ada, tujuan yang ingin dicapai tidak akan dapat terwujud.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan demokrasi yang harmonis demi kabupaten yang kita cintai ini, karena disinilah kita berjuang mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang diamanahkan kepada kita,” imbuhnya.

Selain itu, Ivoni Munir juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya, termasuk kedua orang tua, keluarga besar, Partai Amanat Nasional, masyarakat di daerah pemilihan V, serta pemerintah daerah yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik.

Ivoni Munir menghaturkan terima kasih kepada DPP PAN, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Sumatera Barat dan DPD Partai PAN Kabupaten Solok yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai Ketua DPRD kabupaten Solok.

Hadir dalam Rapat paripurna DPRD tersebut, Sekretaris Daerah Medison, Sekretaris DPRD Zaitul Ikhlas,para asisten Kepala OPD, Forkopimda, Staf Ahli, Pimpinan dan Anggota DPRD, Kakan Menag, Kepala badan, Kepala bagian, Para Camat, Instansi Vertikal, BUMD, BUMN, direktur PDAM, Organisasi wanita, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (wel)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *