rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » UIN IB Padang Perpanjang Kerjasama dengan MTUKI Kamboja

UIN IB Padang Perpanjang Kerjasama dengan MTUKI Kamboja

Penandatangan kerjasama UIN IB Padang dengan MTUKI Kamboja

Padang, rakyatsumbar.id–Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, kembali perpanjang kerjasama dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Majelis Tinggi Urusan Keagamaan Islam (MTUKI) Kamboja, Rabu (11/09/2024).

“Kunjungan ini untuk menjalin silturahmi dan menyambung kembali kerja sama terhadap apa yang telah tertuang dalam kesepakatan antara Majelis Tinggi Urusan Keagamaan Islam (Majelis Syarikat Islam) Kamboja di bawah pimpinan Mufti dengan UIN IB Padang secara bersama-sama,” ujar Rektor UIN IB Padang, Martin Kustati.

Ia menjelaskan, adapun tujuan dan maksud kerja sama ini adalah memanfaatkan semaksimal mungkin segala sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak untuk dipadukan hingga menghasilkan keuntungan.

“Bentuk kerja sama ini seperti melakukan kolaborasi akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi di UIN IB Padang,” tuturnya.

Lebih lanjut, tahun ini UIN IB Padang akan memberikan beasiswa kepada sebanyak 6 orang mahasiswa yang berasal dari Kamboja sebagai bentuk kerja sama untuk membesarkan umat Islam.

“Beasiswa ini kita berikan kepada mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk bisa berkolaborasi melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden Dewan Tertinggi Urusan Keagamaan Islam Kamboja Mufti Kerajaan Kambodia Neakoknya Hj.Sos Kamry H. Kamruddin Bin Yusof, menyampaikan rasa terima kasih atas silaturrahmi dan sekaligus menyambung kerja sama yang telah lama dibangun dengan UIN IB Padang.

“Banyak hal dapat dirasakan manfaatnya seperti penerimaan mahasiswa dan mendapat beasiswa dari UIN IB Padang, serta pembahasan kajian issu yang berkembang guna meningkat kerja sama kedua belah pihak, termasuk pengabdian kepada masyarakat dan seni budaya yang dapat ditampilkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pihak,” ujarnya.

Kemudian Mufti Urusan Keagamaan Islam Kamboja berharap, kerja sama ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan lagi, sehingga ke depan tentu juga meningkatkan hubungan baik Indonesia-Kamboja, terutama dengan UIN Imam Bonjol Padang.

Terakhir dilanjutkan dengan kembali penandatangani MoU dan diskusi terkait dengan penguatan dan peningkatan kerja sama ke depan, serta melakukan kunjungan ke lokasi tempat proses belajar mengajar Majlis MAPIK An-Nikamah Institute.(sw)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *