rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Pilgub Sumbar, Petahana Belum Tentu Menang, Adrian Tuswandi; Epyardi-Ekos Punya Elektoral Tersembunyi

Pilgub Sumbar, Petahana Belum Tentu Menang, Adrian Tuswandi; Epyardi-Ekos Punya Elektoral Tersembunyi

Ketua Tim Analis Pilkada JPS Sumbar, Adrian Tuswandi.

Padang, rakyatsumbar.id — Pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilkada 2024 sudah berakhir  Kamis, (29/8/2024). Nama-nama Cakada yang mendaftar di Sumbar pun sudah diketahui.

KPU Sumbar merilis 56 calon yang akan maju pada Pilkada, yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub), pemilihan wali kota (Pilwako) dan Pemilihan Bupati (Pilbup).

Khusus Pilgub, hanya dua Paslon yang mendaftar, yakni Mahyeldi-Vasko Ruseimy, dan Epyardi Asda-Ekos Albar.

Petahana Mahyeldi dan pasangannya berpeluang. Mereka punya kans kut menang.

Namun, duet Epyardi-Ekos juga berpotensi meraup suara terbanyak Pilkada 27 November 2024.

“Sebanyak 56 pasangan calon yang maju Pilkada merupakan putra putri terbaik di Sumbar,” kata Ketua Tim Analis Pilkada JPS Sumbar, Adrian Tuswandi, Jumat, (30/8/2024) malam.

Namun, sambung Adrian, khusus Pilgub Sumbar akan terjadi pertarungan yang ketat dan sengit dari kedua Paslon dalam peroleh suara.

“Tapi, belum tentu petahana menang untuk Pilgub Sumbar tahun 2024 ini,” sebut Toaik, sapaan akrab Adrian Tuswandi.

Toaik memaparkan, berdasarkan  Tim Analis Pilkada JPS  yang turun ke kantong-kantong suara di Sumbar, terungkap bahwa di akar  rumput petahana itu tidak seperti yang di gembor gemborkan.

“Epyardi-Ekos dipandang sebelah mata, Paslon yang tidak kuat oleh buzzer petahana, padahal mereka (Epyardi-Ekos) punya elektoral yang tersembunyi, yang sangat kuat,” jelas Toaik.

Ia menambahkan, dari analis tim Pilkada JPS,  awalnya PKS ingin Paslon lebih dari dua, karena berkaca dari Pileg perolehan suara PKS di Sumbar tidak lebih dari 30 persen.

Ia mengakhiri, sebanyak 4,1 juta lebih pemilih Sumbar pasti akan bisa berubah menjelang pemungutan suara pada Pilkada 2024 nanti.

“Ibarat dalam pertandingan sepak bola, Mahyeldi-Vasko, adalah tim unggulan, di atas kertas menang. Tapi, ini Pilkada, segala sesuatu bisa saja terjadi, mungkin saja Mahyeldi terjungkal,” ulas Toaik.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar,  Ory Sativa Syakban, mengatakan, tercatat 56 Calon termasuk Pilkada Provinsi Sumbar telah mendaftar dan diterima oleh seluruh KPU se Sumbar.

“Ada 56 putra putri terbaik se Sumbar yang mendaftar ke KPU seluruh Sumbar, berdasarkan update data oleh help desk KPU Sumbar yang dikelola Kasubbag Teknis KPU,” ujar Ory.

“Pilkada di Sumbar 2024, hingga pendaftaran ditutup ada dua bakal Paslon mendaftar, untuk kota dan kabupaten se Sumnar ada 54 Paslon mendaftar,” tutup Ory. (byr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *