rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Nagari Alam Pauh Duo Gelar Lomba Baju Kuruang Basiba

Nagari Alam Pauh Duo Gelar Lomba Baju Kuruang Basiba

Pj Walinagari Alam Pauh Duo Irman Syahputra,S.Pd bersama pemenang lomba

Pakan Salasa, rakyatsumbar.id–Untuk membangkitkan kembali nilai-nilai adat, khususnya dari segi tata cara berpakaian kaum ibu yang ada di ranah Minang.

Pemerintahan Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan mengadakan lomba pakai adat,yaitu pakaian Baju Kuruang Basiba, bertempat di los pasar tradisional Pakan Salasa, Senin (12/08/ 2024).

Pejabat (Pj) Walinagari Alam Pauh Duo Irman Syahputra,S.Pd. menyampaikan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT RI ke-79, mengadakan lomba Baju Kuruang Basiba.

“Peserta lomba ini berjumlah 30 orang, yang merupakan  utusan dari 10 jorong yang ada di Nagari Alam Pauh Duo dan Persiapan Persiapan Pekonina Alam Pauh Duo,” sebutnya.

Dijelaskan Irman Syahputra, dasar melaksanakan kegiatan ini karena akhir-akhir ini banyak kaum ibu-ibu, khususnya generasi muda memakai pakaian yang belum sesuai dengan adat istiadat Minangkabau.

Terutama saat menghadiri acara-acara adat, walaupun kaum Ibu-ibu sudah memakai Baju Kuruang Basiba, tetapi tidak memahami,arti dan fungsi dari Baju Basiba tersebut ini.

“Untuk itu merupakan kewajiban kami selaku Pemerintahan Nagari untuk mengenalkan kembali baju tradisional perempuan Minangkabau ini,” ungkap Irman.

Acara dihadiri oleh Kasi Kesra Kecamatan Pauh Duo, Idris Halim, S.Ag, Ketua TP PKK Kecamatan Pauh Duo, Ny. Yola Aig Wadenko, Pj. Walinagari Persiapan Pekonina Wardoyo, Ketua TP-PKK, Ketua Bamus Nagari beserta Anggota dan perangkat  nagari serta mahasiswa KKN UNAND Padang. (cr7)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *