rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Tim Autopsi Bawa 19 Sampel Tubuh Afif Maulana

Tim Autopsi Bawa 19 Sampel Tubuh Afif Maulana

Tim Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia usai melakukan autopsi ulang

Padang, rakyatsumbar.id–Perhimpunan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia melakukan autopsi ulang terhadap Afif Maulana, bocah 13 tahun yang ditemukan meninggal di bawah jembatan Sungai Kuranji, Padang.

Usai autopsi ulang, tim menggelar jumpa pers ini di halaman Instalasi Forensik dan pemusalaran Jenazah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M Djamil Padang, Kamis (08/08/2024)

Autopsi dilakukan oleh tim forensik yang di pimpin Dr. dr. Ade Firmansyah Sugiharto, Sp.F.M, Subsp.F.K(K), dari Universitas Indonesia (UI), beranggotakan dr. Baety Adhayati, Sp.F.M Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sebagai sekretaris tim.

Sementara, tim beranggotakan DR. Dr. Rika Susanti, Sp.F.M, Subsp.E.M(K), yang merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (UNP), dr. Sigid Kirana Lintang Bhima, Sp.F.M, Subsp.E.M(K), M.Sc, dari Universitas Diponegoro, (Undip) serta dr. Adriansyah Lubis, M.Ked (For), SpF.M, M.Kes dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Dalam kesempatan tersebut, Dr. dr. Ade Firmansyah Sugiharto, Sp.F.M, Subsp.F.K(K), menjelaskan, pihaknya akan mengeluarkan hasil autopsi ulang jenazah Afif Maulana lebih kurang 4 – 5 minggu kedepan.

“Hasil autopsi ulang akan keluar empat sampai lima minggu kedepan, hal ini dikarenakan jenazah sudah mengalami pembusukan. Kita membawa 19 sampel berupa 3 sampel jaringan keras berupa tulang, serta 16 sampel jaringan lunak yang akan di periksa,” ucapnya.

Ade Firmansyah Sugiharto menambahkan, selain melakukan autopsi, pihaknya juga melakukan pemeriksaan di lokasi tempat penemuan awal jenazah.

“Pemeriksaan di lapangan bertujuan untuk mengukur dan menganalisa kondisi jenazah saat pertama di temukan,” paparnya.

Ade Firmansyah Sugiharto menambahkan, pihaknya juga melakukan pemeriksan dokumen serta pemeriksaan saksi – saksi untuk menggambarkan proses kejadian.

“Kita melakukan pemeriksaan dokumen serta saksi-saksi. Selain itu, kita dapat menemukan gambaran lengkap tentang kematian korban,” jelasnya.

Ade Firmansyah Sugiharto berjanji akan menuntaskan kasus kematian Alif agar permasalahan menjadi terang benderang.

“Kita berjanji akan menuntaskan kasus ini secara terang benderang,” tutupnya. (edg)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *