rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Tim PKM UPI YPTK Sosialisasikan Bijak Bermedia Sosial di Rumah Asuh YABNI Padang

Tim PKM UPI YPTK Sosialisasikan Bijak Bermedia Sosial di Rumah Asuh YABNI Padang

Tim PKM UPI YPTK Padang Sosialisasikan Bijak Bermedia Sosial di Rumah Asuh YABNI Padang.


Padang, rakyatsumbar.id –Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UPI YPTK Padang memberikan penyuluhan kepada 38 orang anak-anak dan remaja, di Rumah Asuh Yayasan Bening Nurani (YABNI) Padang.

Pada kegiatan PKM ini, puluhan anak-anak binaan Rumah Asuh yang beralamat di Jl.Kapuk Konsi Kelurahan Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang diberikan sosialisasi tentang penggunaan teknologi informasi, terutama dalam bermedia sosial.

Ketua Tim PKM UPI YPTK Padang Novalia Indra,S.Sy.,M.Sy mengatakan sosialisasi penggunaan teknologi informasi yang diberikan pada anak-anak dan remaja ini bertujuan agar mereka bijak dalam bersosial media.

“Saat ini teknologi informasi berkembang semakin pesat, berbagai flatform media sosial juga bermunculan. Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta contoh dampak negatif terhadap teknologi tersebut,” ujarnya, Rabu (19/7/2023).

Ia berharap dari kegiatan ini dapat mengurangi pengaruh negatif penggunaan teknologi. Seperti diketahui saat ini para anak dan remaja sangat aktif bermedia sosial terutama Tiktok, YouTube, Twitter dan media sosial lainnya.

“Media sosial telah menjadi alat komunikasi saat ini, berbagai informasi bisa didapat dan disampaikan. Media sosial ini berdampak baik atau buruk, itu tergantung bagaimana kita menggunakannya,” terangnya.

Ia menyebutkan, kegiatan sosialisasi di Rumah Asuh YABNI Padang ini telah dilaksanakan pada Juni lalu, selama satu bulan. Kegiatan dari tim PKM UPI YPTK Padang juga mendapatkan sambutan baik dari pembina rumah asuh, Usman, SHI, MA.

“Tim PKM UPI YPTK berterima kasih kepada Rumah Asuh YABNI Padang yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi. Semoga ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat dan kegiatan ini bisa berlangsung secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Elmi Rahmawati,S.Kom.,M.Kom anggota Tim PKM UPI YPTK menambahkan, dengan sosialisasi ini dapat memberikan arahan kepada para anak dan remaja bagaimana penggunaan teknologi yang bermanfaat.

“Mereka bisa menjadi konten kreator yang bijak. Dengan topik yang kreatif, informasi atau konten yang mereka bagikan di media sosialnya dapat bermanfaat bagi khalayak banyak,” jelasnya.

Ia menyebutkan, selain bisa menyampaikan hal-hal yang bermamfaat bagi masyarakat, tentunya konten kreator juga bisa mendapatkan pemasukan berupa uang.

“Saat ini banyak anak muda yang sukses sebagai konten kreator ini. Malah dengan bermodal gadget saja, mereka bisa mendapatkan rupiah yang mengalir setiap saat ke dalam rekeningnya,” ungkapnya.

Recy Harviani Zurwanty,M.Pd, anggota Tim PKM UPI YPTK Padang menyampaikan, dalam sosialisasi tersebut para anak dan remaja di Rumah Asuh YABNI Padang juga diberikan pemahaman agar konten yang dibuat tidak melanggar aturan.

“Menjadi konten kreator juga perlu etikanya. Hindari membuat tindakan-tindakan yang dapat merugikan berbagai pihak. Seperti konten yang mengandung unsur kekerasan, tindakan asusila dan pencemaran nama baik,” jelasnya. (ril/mul)

Poto : Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UPI YPTK Padang mengadakan kegiatan sosialisasi penggunaan teknologi informasi terutama media sosial, pada anak-anak dan remaja, di Rumah Asuh Yayasan Bening Nurani (YABNI) Padang. (mul)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *