rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mendag: Sektor Kerajinan Sumbangkan Penerimaan Ekspor USD 743,50 Juta

Mendag: Sektor Kerajinan Sumbangkan Penerimaan Ekspor USD 743,50 Juta

Jakarta, rakyatsumbar.id – Pandemi Covid-19 tidak membuat para pelaku usaha serta eksportis produk kerajinan (handicraft) putus asa.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mencatat, ekspor sektor ini mencapai USD 743,50 juta secara year on year (yoy) pada 2021.

Mendag Lutfi menyampaikan ini saat mendampingi Presiden Joko Widodo saat membuka The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 pada Rabu, (23/3) di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Mendag menjelaskan, selama dua tahun pandemi, yaitu tahun 2020 dan 2021, nilai ekspor produk kerajinan Indonesia tetap mencatatkan pertumbuhan positif.

“Pada 2021 ekspor produk kerajinan tangan Indonesia mencapai USD 743,50 juta atau tumbuh 16,48 persen tahun per tahun (YoY).”

“Sedangkan pada 2020 nilainya mencapai USD 638,33 juta. Ini menunjukkan produk kerajinan tangan Indonesia tangguh dan adaptif menghadapi masa pandemi Covid-19,” ungkap Mendag Lutfi.

Ekspor produk kerajinan Indonesia memiliki pangsa yang besar di Amerika Serikat yaitu 58,89 persen.

Sementara ke Malaysia (7,54 persen), Belanda (3,86 persen), Jepang (3,70 persen), dan Jerman (3,64 persen).

Produk Indonesia yang paling eksis yaitu rambut palsu, produk anyaman, produk kayu, serta patung dan ornamennya.

Kembali Digelar

Setelah dua tahun vakum (2020-2021) akibat pandemi Covid-19, Inacraft 2022 kembali diselenggarakan pada 23–27 Maret 2022 secara daring dan luring.

“Penyelenggaraan Inacraft yang sudah memasuki tahun ke-22 merupakan bukti nyata bahwa produk kerajinan Indonesia terus tumbuh dan berkembang,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi juga mengapresiasi Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) yang secara konsisten melakukan promosi produk kerajinan Indonesia.

“Ke depan, Kementerian Perdagangan bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan ASEPHI akan terus mendorong transformasi digital para produsen produk kerajinan.”

“Meningkatkan promosi di dalam dan luar negeri, serta memperluas akses pasar ekspor bagi produk-produk kerajinan Indonesia,” tutur Mendag.

Inacraft 2022 mengusung tema “Smiling Heritage of West Java: From Smart Village to Global Market”.

Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi ikon Inacraft 2022 yang menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kesenian dan kebudayaan lokal Jawa Barat.

Sebanyak 722 peserta ikut dalam pameran ini yang terdiri atas 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta 150 toko daring.

Mendag Lutfi juga meyakini, produk kerajinan Indonesia adalah representasi keunikan dan kekhasan Indonesia atau sesuai dengan tema Inacraft 2022.

“Saya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Inacraft 2022.”

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi perdagangan produk kerajinan Indonesia,” tutup Mendag Lutfi. (adv)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *