29/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Generasi Milenial Harus Melek Literasi

Generasi Milenial Harus Melek Literasi

ilustrasi literasi melawan hoaks

Pessel, Rakyatsumbar.id-Informasi tanpa leterasi akan menyesatkan. Bahkan bisa menjadi hoaks.Untuk itu generasi milenial harus memiliki kemampuan literasi yang tinggi dalam mensikapi keterbukaan informasi dewasa ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Selatan Mawardi Roska mengatakan, kemampuan literasi penting. Agar mampu memproduksi informasi yang berkualitas dan tidak hanya sekedar meneruskan informasi dari pihak lain.

“Generasi muda harus mampu menjadi produsen informasi generasi milenial yang melek teknologi dan menguasai informasi,” ujarnya beberapa waktu lalu di Painan.

Dijelaskan, Pesisir Selatan keunikan budaya maupun keindahan alam yang dapat dibranding dan dipromosikan dengan memanfaatkan tenologi informasi.

Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat Arif Yumardi tampil sebagai narasumber. Ia menekankan peran generasi muda sangat diharapkan untuk menangkal berita hoaks di tengah masyarakat.

Kecanggihan teknologi media sosial mendominasi informasi dimana pun dan kapanpun. Semua itu dibutuhkan kemampuan leterasi agar tidak terlibat sebagai penyebar hoaks.

“Hati hati dengan jejak digital, apa pun yang di-uploud tidak akan pernah hilang, makanya kita harus pahami subtansi informasi yang akan di-share,” katanya.

Generasi milenial harus menyadari apa yang di-share akan berdampa bagi pribadi masing masing.

“Makanya generasi milenial harus bijak dalam bermedia sosial,”katanya. (efi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.