rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Briptu Yogi Pradani, Personel Brimob Polda Sumbar Lulus Seleksi Misi Perdamaian Dunia PBB

Briptu Yogi Pradani, Personel Brimob Polda Sumbar Lulus Seleksi Misi Perdamaian Dunia PBB

Briptu Yogi Pradani, personel detasemen gegana Brimob Polda Sumbar, lulus seleksi misi perdamaian dunia PBB ke Afrika Tengah. (ISTIMEWA)

Padang, Rakyat Sumbar.Id — Brigadir Polisi Satu (Briptu) Yogi Pradani, personel detasemen gegana Brimob Polda Sumbar, lolos seleksi Minusca (United Nations Multidimesional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic) atau misi perdamaian dunia PBB di Republik Afrika Tengah.

“Sebelum keberangkatan ke Afrika, terlebih dahulu dilaksanakan latihan penugasan selama 6 bulan di Serpong, Tangerang, Banten,” kata Briptu Yogi Pradani, melalui keterangan tertulisnya kepada Rakyat Sumbar, Senin (12/7) siang.

Ia menyampaikan, misi perdamain dunia tersebut diikuti oleh 154 orang, sedangkan perwakilan Polda Sumbar yang lolos sebanyak empat orang, termasuk dirinya.

“Minusca adalah sebuah misi pemeliharaan perdamaian yang merespons adanya konflik internal di Republik Afrika Tengah,” ujar Briptu Yogi Pradani.

Menurut Briptu Yogi Pradani, peran Minusca adalah dukungan untuk proses transisi, memfasilitasi bantuan kemanusiaan, pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia.

“Selain itu dukungan untuk keadilan dan supremasi hukum, perlucutan senjata, demobilisasi, reintegrasi, dan proses pemulangan,” ungkap Yogi.

Ia menyampaikan, lolos seleksi ini adalah suatu kebanggaan tersendiri khususnya buat satuan Brimob Polda Sumbar karena mengirimkan satu satunya anggotanya ke misi Minusca 3.

“Saya bangga karena telah berhasil menggapai cita-cita sekaligus mengharumkan nama Polda Sumbar menjadi pasukan perdamaian FPU Minusca 3,” sebut anak pertama dari empat bersaudara, putra dari pasangan Sertu Razali dan Rosliani.

Ia menyampaikan, perjuangan masih belum selesai sampai di sini. Namun, banyak tahapan latihan yang harus dilalui sebelum berangkat ke misi penugasan.

“Keluarga sangat bangga dan mendukung serta mendokan keselamatan dan kesehatan serta menjaga Prokes,  karena misi ini dilaksanakan di masa Covid-19,” ulasnya.

Ia menceritakan, DHI (Divisi Hubungan International Polri) sebagai pengelola biro misi international melaksanakan seleksi ketat untuk mencari anggota Polri yang mampu merepresentasikan Indonesia, khususnya Polri di dalam misi PBB.

“Misi ini diikuti oleh 154 peserta, yang telah dinyatakan lulus melalui beberapa rangkaian seleksi yang t diikuti oleh ribuan personel Polri seluruh Indonesia,” pungkasnya. (byr)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *