28/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Atap Rumah Warga Berserakan Diterjang Angin Kencang

Atap Rumah Warga Berserakan Diterjang Angin Kencang

Warga memperbaiki atap rumah mereka yang beterbangan diterjang angin kencang

Solok, rakyatsumbar.id–Akibat angin kencang yang melanda sebagian wilayah Kota Solok sejak Kamis (1/4/2021) pagi, sejumlah pohon tumbang dan bangunan dilaporkan rusak.
Kalaksa BPBD Kota Solok Ikhlas melalui kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Charles Saputra mengatakan, sejumlah pohon tumbang terdapat di dua kecamatan. Pohon-pohon bertumbangan di pinggir jalan pusat Kota serta di jalan-jalan kelurahan.
β€œTim kita sudah menuju lokasi untuk melakukan pembersihan material kayu atau pohon tumbang yang jatuh ke badan ,” kata Charles Saputra Kamis (10/04/2021) siang.
Selain pohon tumbang, sejumlah bangunan rumah rusak akibat tertimpa pohon atau rusak akibat angin kencang. Untuk mengoptimalkan upaya pembersihan, BPBD Kota Solok juga membagi sejumlah personel ke beberapa titik wilayah pohon tumbang. Masyarakat setempat juga diminta berperan aktif membantu upaya pembersihan karena keterbatasan anggota BPBD.
Ia juga mengimbau mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap ancaman bencana alam seperti angin kencang, maupun banjir. Sebab cuaca esktrem akhir-akhir ini bisa berdampak buruk jika tidak diwaspadai.
“Kemudian masyarakat yang bermukim di seputar kawasan batang Lembang juga hati-hati dan waspada potensi banjir luapan sungai, karena banjir bisa saja datang tiba-tiba setelah intensitas hujan cukup tinggi di bagian hulu,” ingatnya.
Sementara itu, sebagian masyarakat yang di halaman rumahnya memiliki pohon rimbun dan besar, agar dapat melakukan pemotongan atau pemangkasan untuk menghindari terjadinya pohon tumbatung.
Merespon dampak Angin Kencang itu, Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait langsung meninjau rumah masyarakat yang terdampak akibat cuaca ekstrim yang melanda Kota Solok.
Kerusakan yang ditimbulkan akibat diterpa angin diantaranya rumah penduduk ditimpa pohon tumbang, atap rumah diterbangkan angin berada di Kelurahan Tanah Garam, Kelurahan Nan Balimo, Kelurahan VI Suku dan Kelurahan Sinapa Piliang. Kondisi rumah korban mengalami rusak dengan tingkat kerusakan berbeda-beda.
Terhadap itu, Wakil Walikota Solok menginstruksikan OPD terkait secepatnya melakukan upaya penanganan pasca cuaca ekstrim, terutama masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan.
Saat melakukan peninjauan, Wawako Ramadhani sertamerta menyerahkan beberapa bantuan darurat kebencanaan berupa sembako. Ramadhani sekaligus mengarahkan OPD terkait untuk membantu masyarakat yang kerusakan rumahnya relatif berat.
“Ini musibah yang tidak bisa kita duga-duga, kecuali tetap terus berdoa agar dijauhkan dari segala bencana, tawakal dan dapat bersabar,” kata wawako.
Ramadhani juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa waspada, karena akhir-akhir ini cuaca ekstrim. Oleh karenanya keselamatan jiwa menjadi prioritas untuk ditingkatkan. (wel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.