rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Sukses Jalankan Transformasi, BRI Dinobatkan Jadi Best of The Best BUMN

Sukses Jalankan Transformasi, BRI Dinobatkan Jadi Best of The Best BUMN

Sukses Jalankan Transformasi, BRI Dinobatkan Jadi Best of The Best BUMN

Sukses Jalankan Transformasi, BRI Dinobatkan Jadi Best of The Best BUMN

Jakarta, rakyatsumbar.id  – Transformasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan blueprint BRIvolution 2.0 kembali menuai apresiasi dari berbagai pihak.

Kali ini, BRI mendapatkan apresiasi dengan sebagai Best of The Best BUMN dalam ”BUMN Entrepreneurial Marketing Awads 2022”  oleh Markplus.INC dalam malam penganugerahan yang diadakan di Jakarta, Rabu (18/05).

BRI juga menyabet dua penghargaan lain antara lain The Most Promising Company in Strategic Marketing (Gold).

selanjutnya The Most Promising Company in Marketing 3.0 (Silver) di ajang yang mengangkat tema Recover Together Recover Stronger Berbasis AKHLAK tersebut.

Turut hadir menerima penghargaan dalam malam penganugerahan tersebut, Division Head Culture Transformation BRI Ninis Indriswari.

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono mengungkapkan bahwa BRI sendiri terus membangun budaya perusahaan yang kuat melalui internalisasi core values AKHLAK.

AKHLAK sinonim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) ke seluruh pekerja.

“Hal tersebut di lakukan perseroan demi mewujudkan kinerja yang unggul serta turut membangun ekonomi negeri sebagai wujud kontribusi terbaik bagi bangsa dan memberi makna untuk Indonesia,” ungkapnya.

Penerjemahan AKHLAK menjadi corporate culture yang esensial merupakan bagian dari strategi utama BRI dan dilakukan melalui berbagai inisiatif maupun program yang efektivitasnya terukur.

Yang terbaru salah satunya adalah culture activation program BRIGADE MADANI.

Dalam aktivasi tersebut, BRI mengintegrasikan dan mensinergikan budaya kerja bersama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Pegadaian yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro (UMi).

Culture activation program BRIGADE Madani sendiri merupakan bentuk implementasi dan penerjemahan core value AKHLAK. Yang menjadi culture BUMN oleh Holding Ultra Mikro.

Bentuk Sinergi

Sebagai bagian dari AKHLAK, culture activation program ini merupakan bentuk sinergi dan penyelarasan budaya kerja tiga entitas didalam holding UMi.

Agus menambahkan bahwa KPI dan strategi yang telah dapat di eksekusi dengan penetapan perilaku kolektif yang efektif.

Hal ini mencapai tujuan melalui program culture activation yang selaras dengan culture atau core value BUMN yaitu AKHLAK.

“Untuk mendorong internalisasi One Culture AKHLAK tersebut, maka di implementasikan culture activation program dengan BRIGADE MADANI,” ungkapnya.

Keberadaan Holding UMi sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion.

Di samping itu, strategi pertumbuhan BRI Group ke depan adalah dengan mendorong nasabah eksisting naik kelas secara sistematis. Serta emperbesar customer base dengan mencari sumber-sumber pertumbuhan baru, termasuk melalui pembentukan Holding UMi.

BRI sendiri menjadikan Holding UMi sebagai solusi dalam mewujudkan inklusivitas keuangan di Indonesia. Tiga entitas Holding UMi dengan atrget dapat melayani 5 juta nasabah baru di segmen Ultra Mikro.

Termasuk mengimplementasikan 100% pencairan cashless di ekosistem PNM dan Pegadaian. Terbentuknya 1.000 Co-location Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro) dan 500 ribu referral sukses dari Senyum Mobile.

Serta akuisisi 60 ribu ketua/anggota Kelompok Mekaar menjadi Agen BRILink pada 2022.

Upayakan Pertumbuhan Bisnis

Di sisi lain, BRI terus mengupayakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di tengah situasi yang menantang.

Dalam tiga bulan pertama tahun 2022, BRI berhasil mencatatkan laba Rp.12,22 triliun atau tumbuh 78,13% year on year (YoY).

BRI juga terus berupaya hadir mengakselerasi pemulihan ekonomi di sektor UMKM. Hal ini tercermin dari penyaluran kredit BRI secara konsolidasian yang mencapai Rp.1.075,93 triliun pada kuartal I-2022.

Adapun portofolio kredit UMKM BRI secara bank only tercatat tumbuh sebesar 9,24% yoy dari Rp.826,85 triliun di akhir Maret 2021 menjadi Rp.903,29 triliun di akhir Maret 2022.

Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM ketimbang total kredit BRI terus merangkak naik, menjadi sebesar 83,95%.

Penyaluran kredit kepada seluruh segmen UMKM tercatat tumbuh positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 13,55%. Ssegmen konsumer tumbuh 4,56% dan segmen kecil & menengah tumbuh 3,96%. (adv)

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *