Pesisir Selatan, rakyatsumbar.id – Komisaris Independen PT PLN (Persero), Prof. Dr. KH. Ali Masykur Musa, S.H., M.Si., M.Hum, melakukan kunjungan kerja ke dua unit strategis di bawah koordinasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat, yaitu PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Painan pada Jumat (8/8) dan PLN ULP Sitiung pada Sabtu (9/8).
Kunjungan ini menjadi momen penting untuk memperkuat prinsip kerja dan semangat pengabdian para insan PLN dalam memberikan pelayanan kelistrikan yang andal dan berkelanjutan.
Dalam kesempatan tersebut, General Manager PLN UID Sumbar, Ajrun Karim, memaparkan perkembangan positif di kedua unit. PLN ULP Painan kini melayani 67.712 pelanggan, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan 65.434 pelanggan pada Juni 2024, yang mencerminkan geliat ekonomi dan pariwisata yang kian maju di Pesisir Selatan, termasuk destinasi wisata unggulan Mandeh.
Sementara itu, PLN ULP Sitiung juga mencatat pertumbuhan pelanggan menjadi 56.054, bertambah 2.445 dari tahun sebelumnya. Unit ini juga berperan strategis sebagai titik pengisian kendaraan listrik (EV) dengan fasilitas SPKLU berkapasitas 22 kW yang siap melayani masyarakat dan wisatawan lintas Sumatera.
Prof. Dr. KH. Ali Masykur Musa, S.H., M.Si., M.Hum memberikan apresiasi tinggi atas konsistensi dan dedikasi pegawai kedua unit dalam menjaga keandalan pasokan listrik meski menghadapi beragam tantangan alam. Ia menegaskan pentingnya prinsip KKD (kreativitas, kerjasama, dan disiplin) dalam menerapkan SOP demi kualitas dan keselamatan operasional (Zero accident).
“Setiap tindakan kita harus berlandaskan kreativitas, kerjasama yang solid, dan disiplin tinggi. Saya yakin dengan prinsip tersebut, PLN akan terus berkembang secara sehat dan dinamis,” ujarnya penuh keyakinan.
Dalam momen tersebut disampaikan juga agar seluruh pegawai untuk bekerja melebihi target RKAP, mengoptimalkan penjualan, menjaga keandalan sistem ketenagalistrikan, serta mengakselerasi High Quality Growth agar PLN terus tumbuh menjadi pionir energi di Indonesia. “Kerjasama yang kuat dan kreativitas tanpa henti adalah kunci untuk menjaga agar PLN selalu unggul dan adaptif di tengah perubahan,” tambahnya.
Tidak lupa Ia mengingatkan pentingnya prinsip KKD (Kreatif, Kerjasama dan Disiplin) sebagai fondasi utama dalam bekerja seraya menyampaikan untuk memulai pekerjaan dengan semangat yang positif dan penuh kedisiplinan. Dengan kreativitas dan kerjasama yang baik, setiap tantangan bisa dihadapi dengan sukses.
“Jika ingin pekerjaanmu berhasil, mudah, perusahaanmu dilimpahi keberkahan, mulailah berdoa lebih dini. Mulai hari dengan doa. Lakukan aktivitas baik dan positif sejak bangkit dari tempat tidur,”imbuhnya lagi.
General Manager Ajrun Karim turut menegaskan salah satu bentuk transformasi nyata PLN kepada pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile, yang memudahkan layanan kelistrikan secara praktis dan cepat di genggaman tangan. “PLN Mobile adalah wujud transformasi digital kami untuk mewujudkan pelayanan prima yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja,” jelasnya.
Kunjungan kerja ini memperkuat komitmen PLN bahwa prinsip KKD adalah landasan strategis yang menopang kualitas pelayanan, keandalan pasokan, dan pertumbuhan berkelanjutan demi kepuasan pelanggan di seluruh pelosok negeri. (*)