Site icon rakyatsumbar.id

Gandeng LPPM Unand, 14 UKPP Miliki Pelayanan Publik Sangat Baik

Penyerahaan Penghargaan kepada 6 OPD dengan pelayanan sangat baik dari Ombudsman Perwakilan Sumbar.

Padangpanjang, rakyatsumbar.id—Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) menetapkan 14 Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) di Kota Padangpanjang miliki kinerja Sangat Baik.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli LPPM Unand Dr. Ria Ariany, M.Si saat Foku Group Discussion (FGD) Survei Kepuasan Masyarakat 2025 yang dilaksanakan di Aula Balai Kota, Kamis (10/07/2025).

Dikatakan Ria, dari UKPP diantaranya, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan Dinas Perkim LH, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kecamatan Padangpanjang Barat, Kecamatan Padangpanjang Timur, Dinas Sosial PPKP3A, Disdukcapil, DPMPTSP, UPTD Puskesmas Koto Katiak, UPTD Puskesmas Kebun Sikolos, UPTD Puskesmas Bukit Surungan, UPTD Puskesmas Gunung dan RSUD Kota Padangpanjang.

“Dari ke 14 lembaga tersebut, hasil surveinya memiliki nilai A dengan Nilai Interval Konversi 88,31 sampai 100. Artinya, masyarakat sangat puas dengan pelayanan dan inovasi yang dilakukan,” kata Ria Ariany.

Dalam melalukan survei, lanjutnya, LPPM Unand melakukan penilaian terhadap 9 unsur, seperti penilaian administratif, perilaku petugas, sarana dan prasarana serta tanggapan dari masyarakat.

Disampaikannya, dari survei yang telah memasuki tahun 6, sejak tahun 2019 lalu, peningkatan kepuasan masyarakat terus terlihat. Apalagi, masyarakat Padangpanjang memiliki karektaristik yang cukup kritis dan to the point terhadap permasalahan yang terjadi.

“Yang paling banyak dikeluhkan masyarakat, perilhal lapangan parkir yang berada di Dinas Perhubungan dan  ketersedian bak sampah yang berada di Dinas Perkim LH. Ada juga peningkatan pelayanan dan inovasi yang dilakukan oleh Kecamatan Padangpanjang Barat dan Padangpanjang Timur. Semua hal tersebut, kita rangkum menjadi satu kesatuan yang kita sampaikan kepada pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setdako Padangpanjang Yohana Lisa, S.TP., M.Si mengakui, survey Kepuasan Pelayanan Publik yang dilakukan oleh LPPM Unand, merupakan data kunci untuk mengukur tingkat pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

“Nantinya, data ini yang akan yang akan kita sampaikan kepada Ombudsman dan Kemenpan RB, sebagai acuan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat,” sebut Yohana Lisa.

Dalam FGD tersebut,  juga dilakukan penyerahaan Penghargaan dari Ombudsman Perwakilan Sumbar terhadap 6 OPD yang memiliki pelayanan sangat baik. (ned)

Exit mobile version